IIMS Motobike Expo 2019

Sepeda Motor Klasik BMW R27 Ini Disulap Jadi Bermesin Listrik

Riyandy Aristyo ยท Minggu, 01 Desember 2019 - 13:36 WIB
Sepeda Motor Klasik BMW R27 Ini Disulap Jadi Bermesin Listrik

Tampil di IIMS Motobike 2019, motor berdesain klasik BMW R27 ini dimodifikasi menjadi sepeda motor listrik. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Sepeda motor listrik semakin diminati masyarakat Indonesia. Bahkan, sebagian orang mencoba membuat sepeda motor listrik berbasis motor konvensional.

Seperti motor Hendro Sutono yang tampil di IIMS Motobike 2019. Hendro mengembangkan motor berdesain klasik BMW R27 dimodifikasi menjadi sepeda motor bertenaga listrik.

BMW R27 pernah menjadi sepeda motor idaman penggemar roda dua di era tahun 60-an. Untuk mewujudkannya, Hendro menggandeng bengkel custom Acas Custom di Pedurenan, Tangerang Selatan, untuk membuat semua bodi motor listrik custom ini.

"Semuanya kita kerjakan secara custom. Mulai dari bodi, spakbor dan semuanya menyerupai BMW R27. Kita tinggal tambahin komponen kendaraan listrik, seperti dynamo, baterai, dan controller," ujarnya di IIMS Motobike Expo 2019, Jakarta, Minggu (1/12/2019).

Berbagai part tambahan, seperti lampu, handle, kaliper berikut cakram ditambahkan pada BMW R27 custom ini. Sementara bagian ban menggunakan Swallow 400-17.

"Komponennya kita ambil dari part generik, kayak handle rem dan batok lampu Tiger lama. Jadi kita hanya pasangkan dynamo 3.000 watt dan baterainya 72 volt, serta ampernya 32," kata Hendro.

Dynamo 3.000 watt, membuat BMW R27 dapat menempuh perjalanan sejauh 40 km hanya sekali pengisian daya. Untuk pengisian baterai, dibutuhkan waktu empat hingga enam jam darro kosong hingga 100 persen.

"Menurut perhitungan saya bisa mencapai 40 km, tapi kita pernah jajal hingga 45 km, itu juga masih ada sisa daya 30 persen. Boleh sih dihabisin (baterainya), tapi nanti justru memperpendek usia baterai," kata Hendro.

Dia mengklaim sepeda motor listrik buatannya aman dipakai dalam kondisi hujan, sepanjang semua komponen listrik terlindungi. "Kebetulan baterai kita tidak kasih cover, karena ini hanya keperluan show unit, jadi biar baterainya terekspose," katanya.

Motor listrik custom ini menjadi perhatian pengunjung IIMS Motobike 2019 di Istora Senayan Jakarta. Hendro dan komunitasnya ingin menunjukkan sepeda motor bensin mudah dikonversi ke motor listrik, sebab secara teknologi kelistrikannya tidak rumit.


Editor : Dani Dahwilani