Sering Matikan Motor Matik Pakai Standar Samping Bikin Aki Cepat Soak

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 22 September 2020 - 21:23 WIB
Sering Matikan Motor Matik Pakai Standar Samping Bikin Aki Cepat Soak

Sering mematikan motor matik pakai standar samping berdampak pada umur aki karena kunci kontak masih dalam posisi on dan sistem kelistrikan masih bekerja. (Foto: Honda)

JAKARTA, iNews.id - Hampir semua motor matik keluaran terbaru sudah dilengkapi fitur sensor standar samping atau side stand switch. Fitur itu berfungsi membuat motor tak bisa dinyalakan ketika posisi standar belum dinaikan.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk menghindari kecelakaan motor saat diparkir. Namun, terlalu sering menggunakan fitur side stand switch bisa membuat motor matik cepat rusak.

Pemilik bengkel Beji's Motor, Anjas Marbun menjelaskan, cara mematikan mesin motor seperti itu tidak baik karena akan berpengaruh pada komponen motor, terutama kelistrikan.

"Biasanya berdampak umur aki akan lebih singkat karena kunci kontak masih dalam posisi on dan sistem kelistrikan otomatis masih bekerja," ujarnya, saat ditemui iNews.id, baru-baru ini.

Anjas menyarankan kepada seluruh pemilik motor matik untuk membiasakan mematikan mesin dengan kunci kontak atau stop starter. Setelah mesin mati, baru bisa menggunakan standar samping.

"Biasakan untuk mematikan mesin pakai kunci kontak. Ini agar aliran listrik yang terpusat di kunci kontak tidak terganggu sensor standar samping," katanya.

Editor : Dani Dahwilani