Test Ride: Sensasi Kymco K-Xct 200i Diajak Bermanuver ke Luar Kota
Kymco K-Xct 200i memiliki dimensi panjang 2.121 mm x lebar 785 mm x tinggi 1.200 mm. Meski ukurannya besar, tidak membuat kami grogi saat memasuki jalur padat di jalan raya. Bahkan, dengan posisi duduk tinggi membuat kami percaya diri.
Kymco K-Xct dibekali mesin berkapasitas 199 cc 4-Stroke, 4-Valve, SOHC FI berpendingin, yang sanggup menghasilkan tenaga 10 hp dengan torsi 18 Nm. Engine-nya terasa sangat smooth, namun responsif membuat skutik ini punya tarikan cepat di awal dan tengah khas motor-motor berkapasitas 200 cc ke atas.
Saat kami menarik gas, respons mesinnya sangat terasa mulai dari 10 sampai 50 km/jam. Begitupun di tarikan tengah dari 60 sampai 100 km/jam, mudah sekali dicapai, terlebih saat kondisi jalan yang lurus dan sepi, bisa saja kami lebih 'membetot' gasnya.
Kebetulan, perjalanan kami melewati daerah Cirata yang kondisi jalannya mirip dengan jalur puncak berkelok-kelok tajam dan menanjak. Meski tubuhnya gambot, skuter ini terasa ringan saat diajak cornering (merebah). Ditopang ban yang sedikit lebar, saat merebah tidak terjadi slip atau 'ngesot'.
Banyak yang mengira, skuter dengan tubuh bongsor, tidak kuat saat menanjak, namun tidak dengan Kymco K-Xct. Skuter gambot ini tidak menjadi beban bahkan tidak menghalangi tarikan gas saat menghadapi jalur menanjak.