Tips Merawat Ban Motor agar Tidak Cepat Gundul, Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Bertold Ananda · Rabu, 13 Oktober 2021 - 11:53:00 WIB
Tips Merawat Ban Motor agar Tidak Cepat Gundul, Hindari Kebiasaan Buruk Ini
Menjaga ban motor dalam kondisi optimal dapat meningkatkan keselamatan dalam berkendara dan terhindar dari kecelakaan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Ban motor merupakan komponen yang sangat penting bagi kendaraan. Ban sebagai penunjang utama dalam menjalankan laju kendaraan. Ban juga satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan jalan.

Sebab itu perlu merawat ban motor supaya awet dan terjaga kondisinya. Menjaga ban motor dalam kondisi optimal dapat meningkatkan keselamatan dalam berkendara dan terhindar dari kecelakaan. 

Untuk itu, perhatikan pemakaian dan perawatan ban motor Anda. Dilansir dari laman Astra Honda, berikut tips merawat ban motor agar tidak cepat gundul:

1. Pilih ban sesuai standar pabrikan

Motor yang tersedia di pasaran sudah dirancang sedemikian rupa oleh pabrikan untuk mendapatkan grip, pengendalian dan manuver terbaik. Namun, masih ada saja pengendara yang mengganti ban tidak sesuai standar pabrikan, seperti  ban cacing, ban donat bahkan ban mobil sekalipun. 

Ini tidak hanya merusak handling, tetapi juga menggangu kenyamanan dan keamanan berkendara di jalan. Gunakan ban sesuai standar pabrikan untuk mendapatkan keawetan maksimal.

2. Cek kondisi pentil ban

Periksa kondisi pentil ban. Komponen ini kerap menjadi salah satu penyebab ban motor kempes. Cara pengecekan gunakan air sabun. Jika terjadi gelembung busa dan pecah, pentil ban berarti kurang kencang atau bocor. Jika ternyata rusak segera ganti dengan pentil baru.

3. Hindari membawa beban terlalu berat

Untuk menjaga keawetan ban hindari membawa beban terlalu berat. Beban berlebih dapat menyebabkan ban cepat aus, bocor atau bahkan pecah. 

Tidak hanya ban saja yang menalami kerusakan, pelek, sistem suspensi, serta mesin juga akan ikut rusak bila membawa muatan berlebih.

4. Pastikan tekanan ban sesuai standar pabrikan

Periksa secara  rutin tekanan ban motor Anda. Ini menjadi krusial bagi Anda yang berkendara jarak jauh, karena memengaruhi kenyamanan, efisensi bahan vakar dan masa pakai ban. 

Pastikan untuk mengisi angin sesuai standar pabrikan. Bila tekanan angin ban rendah akan membuatnya cepat aus dan pecah-pecah. Begitu pula jika tekanan angin ban terlalu tinggi dapat terjadi benjolan pada ban yang pastinya tidak nyaman dikendarai.

5. Rajin bersihkan ban

Hal ini dilakukan untuk dapat melihat dengan mudah kondisi ban motor Anda secara keseluruhan dalam keadaan bersih . Selain itu menjaga kebersihan ban juga dapat meningkatkan grip dan pengendalian lebih maskimal serta membuat ban menjadi lebih awet loh.

6. Hindari rem mendadak

Berkendaralah dengan bijak. Fokus pada kondisi lalu lintas serta menjaga jarak aman dengan pengendalian eco driving agar terhindar mengerem mendadak.  

Sebab, kebiasaan buruk rem mendadak bisa menyebabkan ban cepat aus alias botak. Selain itu, berkendara agresif tidak hanya membuat ban cepat habis tapi juga dapat membahayakan pengendara lain.

7. Jangan biarkan motor dijemur di bawah terik matahari

Membiarkan motor kerap berjemur di bawah sinar matahari tidak hanya membuat cat menjadi cepat kusam dan belang, namun membuat ban motor getas. Ban motor terbuat dari karet jika terkena panas secara terus menerus akan terjadi keretakan. Jika sudah muncul tanda seperti itu periksa, jika rusak segera ganti ban baru.

Editor : Dani M Dahwilani

Bagikan Artikel: