4 PO Bus di Indonesia Pencetak Rekor MURI, Ada yang Terpanjang hingga Pemilik Double Decker Terbanyak

Tangguh Yudha ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 06:32:00 WIB
4 PO Bus di Indonesia Pencetak Rekor MURI, Ada yang Terpanjang hingga Pemilik Double Decker Terbanyak
PO bus mana saja yang berhasil memecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI)? Berikut deretannya. (Foto: Istimewa/Tangkapan Layar)

JAKARTA, iNews.id - Pemecahan rekor tidak hanya dilakukan manusia sebagai yang terhebat atau pertama di dunia. Perusahaan otobus (PO) juga mencatatkan rekor terbaik.

Torehan prestasi yang mereka cetak beraneka ragam. Ada bus double decker pertama buatan Indonesia, bus terpanjang hingga PO Bus peraih penghargaan terbanyak.

Lantas, PO bus mana saja yang berhasil memecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI)? Dirangkum dari berbagai sumber Selasa (9/8/2022), berikut deretannya.

1. Werkudara

Di urutan pertama ada bus wisata milik Kota Solo bernama Werkuda. Armada ini merupakan bus tingkat pertama (double decker) pertama yang dibuat tangan terampil anak bangsa yang resmi beroperasi pada 20 Februari 2011. 

Bus Werkudara dibuat oleh karoseri Trisakti, salah satu karoseri terbaik yang pernah ada di Indonesia. Perusahaan ini didirikan Widodo pada 1983. Trisakti disebut-sebut sebagai pelopor dari enam karoseri pembuat bus double decker di Indonesia.

Bus tingkat Werkudara dioperasikan sebagai salah satu atraksi wisata bus tingkat. Bus ini merupakan inisiasi Joko Widodo (Jokowi) pada 2011, saat masih menjabat sebagai wali kota Solo. Dia menginginkan Solo menjadi kota wisata walaupun tidak memiliki objek wisata.

Bus ini kemudian dihadirkan untuk menarik minat wisatawan. Namun gagasan tersebut tidak langsung terealisasi. Pada awal pengajuan terjadi tarik-ulur hingga 2 tahun sampai akhirnya bisa diwujudkan.

Bus Werkudara dibuat dengan kelir merah mencolok dan mempunyai tinggi 4,5 meter. Kalau duduk di atasnya, maka akan lebih tinggi dari lampu lalu lintas. Sebab itu, Werkudara hanya dapat berkeliling di jalan utama di Kota Solo.

Secara dimensi lebarnya sama seperti bus lain, yaitu 2,5 meter. Bus ini mendapatkan penghargaan dari rekor MURI karena merupakan bus tingkat pertama yang diproduksi oleh Indonesia sendiri.

Editor : Dani M Dahwilani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda