6 Agenda Otomotif di Indonesia Batal Digelar akibat Virus Korona

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 18 Maret 2020 - 13:45 WIB
6 Agenda Otomotif di Indonesia Batal Digelar akibat Virus Korona

Dalam sepekan ini ada enam gelaran otomotif yang batal digelar akibat wabah virus korona (covid-19) di Indonesia. (Foto: Dok/Giias)

JAKARTA, iNews.id - Status pandemi global virus korona (covid-19), membuat sejumlah kegiatan dibatalkan. Termasuk agenda otomotif yang telah direncanakan dengan matang.

Dalam sepekan ada lima gelaran otomotif di Indonesia yang dibatalkan acaranya. Kegiatan tersebut diputuskan diundur dari jadwal semula atau digantikan secara virtual melalui live streaming.

Berikut enam event otomotif yang gagal digelar sesuai rencana lantaran meluasnya wabah covid-19 di Indonesia dirangkum iNews.id:

1. Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2020 Surabaya

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengumumkan pameran GIIAS Surabaya 2020 di Grand City Convex, Surabaya, Jawa Timur, pada 20-29 Maret 2020 diundur. Langah ini dilakukan terkait dengan semakin meluasnya wabah virus korona (covid-19) di Indonesia.

"Selaku penyelenggara pameran, kami dengan berat hati mengambil langkah dan keputusan untuk menunda penyelenggaraan pameran GIIAS Surabaya 2020. Penyelenggaraan pameran GIIAS Surabaya 2020 akan kami tunda hingga pemberitahuan lebih lanjut," ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi.

2. Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2020

PT Dyandra Promosindo akhirnya memutuskan menunda pameran otomotif (IIMS) 2020. Langkah ini dilakukan menanggapi semakin meluasnya dampak virus korona (covid-19) di Indonesia dan global.

"Keputusan penundaan ini diambil untuk kepentingan kemanusiaan yang lebih besar, demi bekerja sama mencegah dan meminimalisir pandemi covid-19 bagi kesehatan dan keselamatan," tulis Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh.

3. IIMS 2020 Makassar

Seri IIMS regional di kota Makassar yang dijadwalkan pada 15-19 April 2020 di Celebes Convention Center (CCC) juga ditunda penyelenggaraannya dengan pertimbangan sama.

4. Peluncuran Toyota New Agya

Berbeda dengan dua pameran otomotif yang dibatalkan, PT Toyota Astra Motor memutuskan tetap melanjutkan peluncuran Toyota Agya Facelift melalui live streaming di kanal YouTube. Langkah ini sebagai antisipasi semakin meluasnya pandemi wabah virus korona (covid-19) di Indonesia.

"Menginformasikan bahwa acara New Agya: Start To Never Stop Press Conference yang sedianya akan dilaksanakan pada Kamis, 19 Maret 2020, akan diubah menjadi tayangan live streaming," tulis Toyota dalam surat undangannya.

5. Peluncuran Daihatsu New Ayla dan New Sirion

Sama seperti Toyota, PT Daihatsu Astra Motor juga meluncurkan dua kendaraan barunya, yakni Ayla Facelift dan Sirion Facelift melalui live streaming YouTube Channel Daihatsu Sahabatku, Kamis, 18 Maret 2020, pukul 11.00 WIB.

"Kami tetap launching produk baru pada Kamis 19 Maret 2020, jam 11.00 WIB, lewat live streaming YouTube," ujar Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso.

6. Peluncuran Morris Garage (MG) ZS

Morris Garage (MG) Motor Indonesia menunda jadwal peluncuran produk perdananya akibat wabah korona virus korona (covid-19). Peluncuran mobil tersebut rencananya dilakukan Kamis, 19 Maret 2020.

"Keputusan ini diambil berdasarkan pertimbangan matang dari manajemen MG Motor Indonesia terkait kebijakan Pemerintah Republik Indonesia dalam pencegahan dan meminimalisasi penyebaran covid-19," kata MG Motor Indonesia.

Belum diketahui apakah MG juga akan melakukan peluncuran mobil dengan cara live streaming atau tetap dilakukan dengan tanggal berbeda.

Editor : Dani Dahwilani