Adira Prediksi Pasar Otomotif Lesu hingga 2020

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 19 November 2019 - 15:05 WIB
Adira Prediksi Pasar Otomotif Lesu hingga 2020

Perusahaan pembiayaan kendaraan, Adira Finance memprediksi pasar otomotif di Indonesia lesu hingga 2020. (Foto: Consumer Reports)

JAKARTA, iNews.id - Industri otomotif Indonesia tengah lesu. Ini membuat beberapa perusahaan pembiayaan kendaraan baru dan bekas seperti Adira Finance, terkena dampak.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan kendaraan nasional hingga sembilan bulan terakhir turun 10 persen. Ini membuat pelaku bisnis otomotif ekstra kerja keras.

"Budgeting-nya masih kita proses. Tapi informasi terakhir industrinya juga belum pulih. Masih flat atau tumbuh sangat sedikit," kata Direktur Keuangan Adira Finance, I Dewa Made Susila, baru-baru ini.

Menurut Made, lesunya pasar otomotif di Tanah Air masih akan terjadi hingga 2020. Meski begitu, Adira Finance sudah menyiapkan beberapa strategi untuk mengatasi masalah tersebut.

"Dari data yang kita kumpulkan, pertumbuhan industri otomotif belum akan pulih tahun depan. Kita akan bekerja sama dengan banyak merek dan dealer, sehingga dapat bisnis lebih banyak," ujarnya.

Made menyebutkan, untuk mengembangkan sayap pihaknya tidak hanya berekspansi di dunia otomotif, tapi juga merambah ke tren konsumen yang berkembang saat ini. Misalnya, pembiayaan travel dan elektronik.

"Konsumen yang sudah memiliki dua atau tiga motor, jarang yang ingin membeli motor lagi. Mungkin mau pergi umrah. Dari situ kita menyediakan banyak produk termasuk multiguna, seperti alat elektronik, umrah, dan asuransi," katanya.

Editor : Dani Dahwilani