Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ekspor Justru Naik 
Advertisement . Scroll to see content

Dealer Tutup Sementara karena PSBB, APM Bersaing Jual Mobil Online

Jumat, 17 April 2020 - 08:59:00 WIB
Dealer Tutup Sementara karena PSBB, APM Bersaing Jual Mobil Online
Beberapa merek, sebut saja Toyota, Mitsubishi, Daihatsu, Suzuki, Honda, Wuling, BMW dan DFSK, memaksimalkan layanan digitalnya cegah Covid-19. (Foto: DFSK))
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah produsen otomotif di wilayah yang terkena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menutup sementara operasional pabrik dan dealer. Langkah ini terkait imbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Beberapa merek, sebut saja Toyota, Mitsubishi, Daihatsu, Suzuki, Honda, Wuling, BMW dan DFSK, memaksimalkan layanan digitalnya agar konsumen bisa mengakses penjualan dan layanan servis dari rumah.

Proses pembelian kendaraan virtual pun dikembangkan APM menyesuaikan zaman. Terlebih konsumen kini memasuki masa transisi dari offline menjadi online.

“Masyarakat di Indonesia kini sudah mulai terbiasa untuk melakukan pembelian secara online, mulai dari mencari informasi spesifikasi, harga, simulasi kredit sampai pemesanan kendaraan dengan memanfaatkan gadget mereka yang terkoneksi internet. DFSK mengikuti perkembangan ini semua dengan menyediakan layanan penjualan kendaraan secara online yang semuanya bisa diakses melalui ujung jari," ujar Digital Marketing Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK), M Angga Adhikresna, dalam keterangan persnya kepada iNews.id.

"Hal ini juga kami lakukan sebagai langkah mendukung pemerintah di masa pandemi untuk mengurangi aktivitas luar rumah, sehingga memberikan kemudahan bagi customer yang ingin melakukan pembelian dan test drive tanpa datang ke showroom,” katanya.

Dia menuturkan, konsumen bisa memproses pemesanan kendaraan DFSK mulai dari DFSK Glory 560, DFSK Glory 580, dan DFSK Super Cab dengan mengakses situs resmi DFSK dan konsumen selanjutkan akan dihubungi dealer terdekat untuk dibantu proses pemesanan kendaraan. Selain itu konsumen juga bisa memesan kendaraan-kendaraan DFSK melalui channel digital lainnya seperti market place, e-Commerce dan lainnya yang sudah bekerja sama dengan perusahaan.

Sebelumnya, Daihatsu memperpanjang masa penghentian operasional pabrik menjadi 10-24 April 2020, serta menghentikan sementara layanan operasional seluruh outlet di beberapa area (layanan showroom dan bengkel). Pemberhentian layanan sementara ini meliputi dealer di area DKI Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan dan Pekanbaru.

"Daihatsu selalu memonitor situasi terkini berdasarkan kebijakan dari pemerintah dan koordinasi lebih lanjut dengan institusi terkait selama masa pemberhentian operasional sementara. Pelayanan Daihatsu tetap dapat diakses via online dan aplikasi Astra Daihatsu Mobile," ujar Chief Executive PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI DSO), Supranoto.

Sementara itu, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto menyatakan, menyebarnya Covid-19 mendorong perusahaan memaksimalkan berbagai platform customer care yang dimiliki.

“Kami ingin menyampaikan pesan dan mengajak rakyat Indonesia untuk mempunyai semangat yang kuat dalam memerangi wabah Covid-19. Toyota sebagai perusahaan mobilitas akan selalu berupaya memberikan kontribusi terbaik bagi pelanggan dan juga kepada masyarakat. Kami mempunyai channel layanan pelanggan yang lengkap untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan di tengah kondisi saat ini,” kata Henry.

Dia mengungkapkan saluran komunikasi yang dapat diutilisasi pelanggan, antara lain chatbot Toyota yaitu layanan Toyota Interactive Virtual Assistant yang dihadirkan untuk dapat memberikan informasi terbaru dari Toyota kepada pelanggan. Melalui Chatbot Toyota para pelanggan bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai produk, tips perawatan terbaik, program penjualan, dan berbagai hal lainnya. Layanan ini dapat diakses melalui Facebook Messanger, LINE, dan Whatsapp.

Selain itu, untuk layanan digital Toyota juga menyediakan aplikasi mTOYOTA yang merupakan aplikasi mobile yang memiliki tiga aspek keunggulan dengan mengutamakan personalization, one stop service, dan engagement. Aplikasi ini dapat di download melalui Google Playstore dan Apple Appstore

Demikian juga Honda menyiapkan layanan penjualan serta purna jual ke rumah konsumen melalui program Home Service Honda. Program ini didukung oleh 118 dealer yang tersebar di seluruh kota Indonesia.

Sementara itu, PT MMKSI menyediakan layanan 24 jam call center Mitsubishi Motors Customer Care melalui hotline yang siap menjawab kebutuhan pelanggan. Di tengah situasi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia saat ini, pelanggan yang membutuhkan layanan perawatan serta layanan Bodi and Cat kendaraan selama physical distancing juga dapat menghubungi Mitsubisishi Motors Customer Care, untuk mendapatkan layanan Home Service maupun Vehicle Pick-Up.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut