Dilelang Seharga Hampir Rp1 Triliun, Mobil Klasik Porsche Ini Tak Laku Dijual

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 20 Agustus 2019 - 08:01 WIB
Dilelang Seharga Hampir Rp1 Triliun, Mobil Klasik Porsche Ini Tak Laku Dijual

Pembawa acara lelang mengumumkan penawaran Porsche Type 64 dimulai 30 juta dolar AS, dan tak lama harga melonjak 70 juta dolar AS atau hampir Rp1 triliun. (Foto: Carscoops)

MONTEREY, iNews.id - Tidak selamanya mobil klasik langka mampu memaksa kolektor merogoh kocek dalam. Salah satunya Porsche Type 64. Mobil asal Jerman ini gagal terjual dalam pelelangan di Monterey Car Week 2019 karena terlalu mahal.

Dilansir dari Carscoops, Selasa (20/8/2019), sebelum pelelangan Porsche Type 64 diharapkan terjual sekitar 20 juta dolar AS arau sekitar Rp284 miliar. Namun entah kenapa, pembawa acara mengumumkan penawaran dimulai 30 juta dolar AS.

Tak lama harga melonjak hingga 70 juta dolar AS atau hampir Rp1 triliun (Rp997 juta). Spontan peserta lelang di ruangan itu kaget dan mulai mengeluarkan smartphone mereka untuk merekam apa yang tampaknya menjadi mobil termahal di dunia dalam pelelangan umum. Namun, itu tidak terjadi.

Hanya beberapa detik setelah penawaran mencapai 70 juta dolar AS, juru lelang RM Sotheby menjelaskan, pihaknya bermaksud menyampaikan tawaran awal 13 juta dolar AS-17 juta dolar AS, bukan 70 juta dolar AS. Namun, peserta lelang yang hadir mencemooh dan banyak yang pergi.

Beberapa pihak menilai, ini sebagai lelucon yang salah dari RM Sotheby, menjauhkan fakta berita utama lusinan mobil yang ditampilkan dalam pelelangan selama Monterey Car Week tahun ini gagal terjual.

Di sisi lain, Porsche Type 64 sebenarnya telah menuai kontroversi sebelum pelelangan. Mobil ini dibangun oleh Ferdinand Porsche dan menyematkan lencana Porsche yang diklaim sebagai mobil pertama produsen mobil Jerman tersebut.

Namun, menurut beberapa pihak yang memeriksa mobil sebelum dilelang RM Sotheby, mereka menyebutkan, sebagian besar komponen Type 64 berasal dari Volkswagen, Fiat dan pemasok lainnya.


Editor : Dani Dahwilani