Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Suzuki Cetak Rekor Penjualan Tertinggi di November 2025, Carry dan Hybrid Jadi Penopang
Advertisement . Scroll to see content

Ditopang Avanza Veloz dan Kijang Innova, Toyota Berjibaku Pertahankan Market Leader

Rabu, 20 Januari 2021 - 12:07:00 WIB
Ditopang Avanza Veloz dan Kijang Innova, Toyota Berjibaku Pertahankan Market Leader
Secara keseluruhan, penjualan ritel Toyota ditopang segmen MPV dengan total penjualan 105.274 unit atau berkontribusi 57,6 persen. (Foto: TAM)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Di tengah pandemi Covid-19 yang menantang sepanjang 2020, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mencatatkan penjualan ritel (retail sales) sebanyak 182.665 unit. Raihan ini kembali menempatkan Toyota sebagai market leader dengan pangsa pasar 31 persen, sama seperti tahun sebelumnya. 

“Meskipun situasi di 2020 cukup menantang, kami berkomitmen untuk tidak pernah berhenti memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia, tidak hanya dengan menghadirkan lineup kendaraan lengkap, tapi juga berbagai layanan. Kami bersyukur upaya kami dalam mendukung mobilitas mendapat sambutan baik dari pelanggan dan masyarakat luas. Ke depan, kami akan terus berupaya untuk menciptakan mobility happiness for all,” kata President Director PT TAM Susumu Matsuda, dalam keterangan resminya dilansir Rabu (20/1/2020).

Sebelum pandemi mewabah di Indonesia, Toyota membukukan penjualan ritel 66.599 unit di kuartal pertama (Q1) 2020. Sejalan dengan mulai mewabahnya Covid-19 di kuartal kedua (Q2) penjualan ritel Toyota turun cukup signifikan menjadi 26.366 unit, atau 60,4 persen lebih rendah dari angka di kuartal pertama (Q1).

Namun, secara bertahap penjualan ritel Toyota berangsur membaik karena tidak hanya didukung 13 produk baru, tapi juga program-program inovatif yang menyesuaikan kebutuhan pelanggan di tengah Covid-19, seperti Toyota Spektakuler dan Deal Cermat, termasuk juga yang berbasis digital seperti Toyota Chatbot, mToyota, Halobeng, Toyota Virtual Expo, hingga KINTO yang memperkenalkan cara baru dalam bermobilitas.

Di kuartal ketiga (Q3) Toyota mampu bangkit dengan membukukan penjualan ritel sebesar 35.111 unit, atau naik 33,2 persen dibandingkan kuartal kedua (Q2). Bahkan di kuartal keempat (Q4), penjualan ritel Toyota meningkat signifikan menjadi 54.589 unit, atau 55,5 persen lebih tinggi dari kuartal ketiga (Q3).

Secara keseluruhan, penjualan ritel Toyota ditopang segmen MPV dengan total penjualan 105.274 unit atau berkontribusi 57,6 persen. Di tengah penurunan segmen Low MPV, Avanza Veloz mendongkrak penjualan dengan membukukan 40.728 unit. Secara komposisi berkontribusi 38,7 persen di segmen MPV Toyota. Sementara Kijang Innova berkontribusi sebesar 28,5 persen atau 29.952 unit di sepanjang 2020.

Kontributor penjualan ritel Toyota terbesar kedua sepanjang kurun waktu 2020 adalah segmen SUV dengan penjualan 47.995 unit atau berkontribusi sebesar 26,8 persen dari total penjualan ritel Toyota. Toyota Rush yang berada di segmen Medium MPV menjadi kontributor terbesar di segmen SUV Toyota dengan mencatatkan angka penjualan ritel sebesar 34.528 unit atau 71,9 persen dari segmen SUV Toyota.

Sama halnya dengan produk passenger, produk komersial juga turut terdampak dengan mewabahnya pandemi khususnya di kuartal kedua (Q2). Di mana total penjualan ritel turun 45 persen. Namun secara bertahap penjualan ritel produk komersial Toyota berangsur membaik, dimana pada kuartal ketiga (Q3) mulai naik 16 persen dari kuartal kedua (Q2). Bahkan di kuartal keempat (Q4), kembali naik 62 persen dibandingkan kuartal ketiga (Q3).

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut