Ford Janji Hanya Akan Jual Mobil Listrik pada 2030 

Riyandy Aristyo · Senin, 22 Februari 2021 - 11:08:00 WIB
Ford Janji Hanya Akan Jual Mobil Listrik pada 2030 
Pabrikan mobil asal Amerika Serikat (AS), Ford berjanji hanya akan menjual mobil listrik pada 2030. (Foto: Reuters)

MICHIGAN, iNews.id - Pabrikan mobil asal Amerika Serikat (AS), Ford berjanji hanya akan menjual mobil listrik pada 2030. Langkah ini didukung inventasi Ford sebesar 1 miliar dolar AS atau Rp13 triliun.

Dikutip dari The Guardian, Sabtu (20/2/2021), Ford juga sudah berencana mengubah pabrik perakitan kendaraannya di Cologne, Jerman untuk dijadikan fasilitas kendaraan listrik pertama di Eropa. Pabrik tersebut ditargetkan mulai produksi mobil listrik pada 2023.

"Kami mengumumkan untuk mengubah fasilitas di Cologne, rumah operasi kami di Jerman selama 90 tahun. Pabrik itu salah satu yang paling signifikan telah dibuat Ford selama lebih dari satu generasi," kata Kepala Operasi Ford Eropa, Stuart Rowley.

Rowley menyebutkan, sejumlah mobil ramah lingkungan yang akan diproduksi Ford terdiri atas Plug -In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Battery Electric Vehicle (BEV) pada 2026, sebelum fokus melahirkan kendaraan full electric pada 2030.

"Kami memiliki kesempatan mengisi masa depan serba listrik di Eropa dengan kendaraan baru yang ekspresif dan pengalaman terhubung dengan pelanggan," katanya.

Seperti diketahui, General Motors (GM) sebelumnya mengumumkan semua kendaraan akan berbasis elektrifikasi pada 2035. Strategi yang sama juga diterapkan Jaguar dengan tegas akan menghentikan produksi mobil bermesin bensin menggantinya dengan mesin listrik pada 2025. 

Editor : Dani M Dahwilani