Gunakan Mobil Matik, Parkir Lama Tak Perlu Rem Tangan

Dani M Dahwilani ยท Senin, 27 Juli 2020 - 18:15 WIB
Gunakan Mobil Matik, Parkir Lama Tak Perlu Rem Tangan

Mobil diparkir lama, untuk kendaraan jenis matik cukup menempatkan transmisi (gigi) di posisi parkir atau P. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Banyak pemilik kendaraan bekerja di rumah (work from home) atau memarkir mobil lama dengan memasang rem tangan (hand brake). Alasannya, untuk keamanan.

Padahal, cara itu keliru. Lalu, bagaimana bila mobil diparkir di tempat tidak rata atau miring terutama bagi kendaraan bertransmisi otomatis atau matik?

Head of Aster Sales and CS Operation Group PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto menjelaskan, saat mobil diparkir lama sebaiknya jangan menggunakan hand brake. Ini akan menyebabkan rem lengket dan hampas rem cepat habis.

"Jika mobil diparkir lama rem akan lengket. Ini dikhawatirkan akan membuat rem terkunci. Tekanan lama pada rem juga bisa menyebabkan kampas rem cepat habis," ujar Boediarto, dalam video conference, beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan untuk mobil jenis matik cukup menempatkan transmisi (gigi) di posisi parkir atau P. "Mobil secara otomatis akan tertahan dan tidak perlu khawatir menggeliding walaupun tanpa rem tangan." katanya.

Adapun untuk transmisi manual cukup memposisikan transmisi di gigi 1. "Lebih aman menggunakan gigi 1. Tak perlu khawatir mobil menggelinding karena akan tertahan engine brake. Namun ingat saat akan menghidupkan mobil dipindahkan kembali ke posisi netral (N)," katanya.

Editor : Dani Dahwilani