Kalahkan Model MPV, Honda Brio Rebut Penjualan Tertinggi di Indonesia 

Dani M Dahwilani · Senin, 18 Januari 2021 - 19:55:00 WIB
Kalahkan Model MPV, Honda Brio Rebut Penjualan Tertinggi di Indonesia 
Sepanjang 2020, Honda Brio mencetak penjualan sebanyak 43.021 unit mengalahkan dominasi mobil MPV. (Foto: Honda)

JAKARTA, iNews.id – Rekor baru dicetak Honda Brio. Mobil city car ini membukukan diri sebagai model dengan penjualan tertinggi di antara merek-merek di Indonesia pada 2020.  

Sepanjang 2020, Honda Brio mengumpulkan penjualan sebanyak 43.021 unit. Ini menjadi fenomenal karena selama ini segmen MPV yang merajai pasar nasional. 

Penjualan yang dicetak mobil ini, masing-masing Brio Satya 31.713 unit dan Brio RS 11.308 unit. Total Brio memberikan kontribusi 54 persen dari keseluruhan penjualan mobil Honda sepanjang 2020 yang tercatat 79.451 unit. 

Hingga akhir 2020, Honda Brio Satya juga menjadi market leader di segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 27,2 persen. Sementara Honda Brio RS menguasai pangsa pasar sebesar 74,7 persen di segmen city car. 

Business Innovation and Marketing and Sales Director PT Honda Prospect Motors (HPM), Yusak Billy mengatakan, prestasi sebagai model terlaris di Indonesia merupakan yang pertama kalinya untuk Honda Brio sejak diperkenalkan di Indonesia pada 2012. Dalam waktu 8 tahun sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Honda Brio telah mencatat penjualan 376.304 unit.  

"Tak hanya untuk pasar dalam negeri, PT HPM juga telah diekspor Honda Brio ke Filipina dan Vietnam, dengan total pengiriman sebesar 5.970 unit di tahun 2020 lalu," ujarnya, dalam media gathering virtual, Senin (18/1/2020). 

Yusak menjelaskan pencapaian Honda Brio sejalan dengan perubahan perilaku konsumen di era pandemi, terutama dalam hal peningkatan penggunaan media online dan pergeseran dari penggunaan transportasi umum ke mobil pribadi. Kedua faktor tersebut mendorong bertumbuhnya pasar untuk pembeli mobil pertama, terutama dari kalangan anak muda dan keluarga muda. 

“Pencapaian Honda Brio di tahun yang penuh tantangan ini tentunya juga didukung oleh jaringan dealer Honda di seluruh Indonesia yang terus menjalin komunikasi dengan konsumen terutama melalui platform digital, serta menyediakan program-program penjualan meringankan dan memudahkan pembelian bagi pembeli mobil pertama," katanya.  

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2