Konsumsi Pelumas di Indonesia 987 Juta Kl per Tahun, Market Share Evalube 9 Persen

Dani M Dahwilani · Minggu, 12 Juli 2020 - 11:45:00 WIB
Konsumsi Pelumas di Indonesia 987 Juta Kl per Tahun, Market Share Evalube 9 Persen
Konsumsi pelumas di Indonesia tercatat 987 juta kilo liter per tahun merupakan terbesar di kawasan ASEAN. (Foto: Screeshot Evalube/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pasar pelumas alias oli di Indonesia terus berkembang. Konsumsi pelumas di Indonesia tercatat 987 juta kilo liter per tahun merupakan terbesar di kawasan ASEAN.

Ini menjadi potensi dalam pasar ritel automotive dan komersial. Salah satu produsen pelumas Indonesia, Evalube Lubricant mencatatkan market share 9 persen.

Direktur Komersial Evalube Yomie Harlin mengemukakan, pangsa pasar produk terbanyak 70 pesen berasal dari pelumas sepeda motor, sisanya mobil dan komersial. Untuk sepeda motor 40 persen pelumas 2 tak dan 60 persen pelumas motor 4 tak.

"Untuk produk matik saat ini memang sedang naik. Kita menyesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Kami menyiap dua produk pelumas untuk motor bebek biasa dan mator matik empat macam," ujarnya, dalam press conference virtual, baru-baru ini.

Diketahui, Evalube hadir di pasar Indonesia sejak 1996. Selama 24 tahun Evalube Lubricants telah memiliki 30 distributor retail automotive dan 13 distributor commercial industrial untuk menjangkau pasar di seluruh Indonesia.

"Evalube berdiri pada 1996, berawal dari kerja sama distribusi dengan produk asal Amerika Serikat, Penzoil. Kini, usia produk kami sudah 24 tahun," katanya.

Editor : Dani M Dahwilani