Kuasai Pangsa Pasar, Penjualan Toyota Hilux Ditargetkan 600 Unit per Bulan
JAKARTA, iNews.id - Memasuki era New Normal, PT Toyota Astra Motor (TAM) optimistis sektor kendaraan komersial kembali tumbuh. Untuk itu, TAM menargetkan Toyota Hilux terbaru mencetak penjualan 600 unit per bulan.
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengemukakan saat ini roda perekonomian kembali berputar setelah sempat terhenti akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait pandemi Covid-19. Ini menjadi harapan baru untuk mendorong penjualan kendaraan pikap melalui kehadairan New Hilux.
"Penjualan pada Januari-Juni 2020 ada sekitar 2.400 unit. Jika dibagi per bulan memang sedikit. Namun dengan ada New Hilux kami optimistis penjualan 600 unit per bulan dapat tercapai," ujar Anton dalam video conference, belum lama ini.
Meski demikian, Anton bersyukur tahun ini Hilux menjadi pemimpin pasar di kelasnya. "Berdasarkan data Gaikindo tahun lalu penjualan produk kami untuk Hilux masih di nomor dua. Tahun ini sudah menempati posisi pertama,” katanya.
Dia menuturkan Hilux memiliki pangsa pasar tersendiri. Selain sebagai kendaraan komersial mobil pikap modern ini juga digemari konsumen individu.
Untuk kabin ada dua pilihan, yakni single cabin dan double cabin. Masing masing, rasio model double cabin 70 persen pasar fleet dan 30 persen retail. Sementara segmen single kabin 55 persen pasar fleet, dan 45 persen untuk pasar retail.
"Sampai saat ini pesanan paling banyak datang dari perusahaan dan pemerintahan (fleet). Penggunaannya meliputi pertambangan, manufakturing, perkebunan, konstruksi dan lainnya," kata Anton.
Editor: Dani M Dahwilani