Negara dengan Tarif Tol Termahal di Dunia, Ada yang Sekali Masuk Harus Bayar Rp1,7 Juta

Muhamad Fadli Ramadan ยท Jumat, 16 September 2022 - 09:57:00 WIB
Negara dengan Tarif Tol Termahal di Dunia, Ada yang Sekali Masuk Harus Bayar Rp1,7 Juta
Di setiap negara tarif tol beraneka ragam, tergantung jarak, perawatan dan tingkat kesulitan dalam pembangunannya. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id  – Jalur bebas hambatan atau jalan tol menjadi pilihan terbaik bagi pengendara mobil yang ingin mencapai tujuan lebih cepat. Selain mempermudah akses, jalan tol juga dibangun untuk memberikan pendapatan tambahan bagi negara.

Tarif tol di setiap negara beraneka ragam. Namun, pada prinsipnya penetapan tarif tol disesuaikan investasi yang telah dikeluarkan dan biaya perawatan.

Namun, setiap kenaikan tarif tol kerap menuai pro dan kontra. Terlebih bila sarana dan layanan pengelola tol kurang baik seperti jalan rusak dan kemacetan. 

Di setiap negara tarif tol beraneka ragam, tergantung jarak dan tingkat kesulitan dalam pembangunannya. Kira-kira negara mena yang mengenakan tarif tol termahal di dunia? Dirangkum dari berbagai sumber berikut deretannya.

1. Pennsylvania Turnpike, Amerika Serikat (AS)

Tol di Pennsylvania Turnpike, Amerika Serikat (AS) menjadi tarif termahal di dunia. Bagi yang ingin melewati jalan bebas hambatan tersebut pengendara harus membayar mulai dari 112,91 dolar AS atau sekitar Rp1,7 juta.

Pennsylvania Turnpike menjadi jalan tol dengan tarif termahal di dunia karena memiliki jarak yang sangat panjang, yaitu 579 kilometer. Jika dibandingkan dengan tol Trans Jawa yang memiliki jarak 1.192 km, masih jauh lebih mahal karena dari Merak hingga Probolinggo Timur hanya dikenakan tarif Rp879 ribu.

Meski tarifnya sudah sangat mahal, pengelola jalan Tol Pensylvania Turnpike berencana menaikkan kembali tarif tol. Untuk pengguna E-ZPass akan dikenkan kenaikan Rp24 ribu sampai Rp25 ribu, sedangkan untuk pelanggan Toll By Plate Rp57 ribu sampai Rp60 ribu.

2. Grosslockner High Alpine Road, Austria

Bukan hanya Amerika Serikat yang memiliki tarif tol termahal di dunia, Austria juga memasang harga tinggi bagi mereka yang ingin melewati Grosslockner High Alpine Road. Masuk dari Bruck di lembah Salzach melalui pintu tol utara di Ferleiten, tol ini dikenakan tarif 45,43 dolar AS atau Rp678.700. Jalan tol ini juga memiliki pemandangan yang indah dengan ketinggian antara 2.400 hingga 2.500 meter di atas permukaan laut.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda