Penghasilan Rp3 Juta-Rp5 Juta Ingin Bisa Beli Mobil, Begini Simulasinya

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 24 September 2019 - 06:56 WIB
Penghasilan Rp3 Juta-Rp5 Juta Ingin Bisa Beli Mobil, Begini Simulasinya

Untuk mendapatkan cicilan kredit mobil Rp1 jutaan, calon konsumen harus mencari leasing yang bisa memberikan jangka waktu pinjaman selama 8 tahun. (Foto: Talk Business)

JAKARTA, iNews.id - Seiring dengan dengan kebutuhan kendaraan roda empat menjadi hal penting bagi sebagian keluarga di Indonesia. Namun, bagaimana bila penghasilan per bulan pas-pasan di kisaran Rp3 juta hingga Rp5 juta, bisakah membeli mobil?.

"Angsuran rata-rata mobil per bulan biasanya di atas Rp2 jutaan. Jika dipaksakan, tentu akan mengorbankan kebutuhan penting lain calon konsumen," ujar Chief Executive BMW Astra, Fredy Handjaja di Jakarta.

Kendati demikian, Fredy memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan calon konsumen agar bisa membeli mobil. Bahkan dengan cicilian yang terbilang rendah, yakni Rp1 jutaan.

"Untuk mendapatkan cicilan kredit mobil serendah Rp1 jutaan, calon konsumen harus mencari leasing atau perusahaan pembiayaan yang bisa memberikan jangka waktu pinjaman selama 8 tahun," katanya.

Setelah mendapatkan perusahaan yang bisa memberikan cicilan hingga delapan tahun, pilihlah mobil dengan harga Rp80 juta hingga Rp130 juta. Harga mobil ini biasanya ada pada segmen LCGC (mobil murah ramah lingkungan).

"Mobil-mobil LCGC, seperti Toyota Agya, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Daihatsu Alya, Datsu Go+ dan Suzuki Karimun Wagon R. Jika konsumen mencari mobil di atas harga tersebut, sudah pasti cicilan per bulannya akan besar," ujar Fredy.

Misalnya, harga mobil yang dipilih Rp110 juta dan uang muka (down payment/DP) yang harus dikeluarkan sebesar 20 persen atau Rp22 juta. Artinya, jumlah pinjaman mobil yang diambil adalah Rp88 juta dengan bunga 6 persen per tahun.

"Dengan tenor delapan tahun, dari perhitungan simulasi kredit, jumlah cicilannya mencapai Rp1,36 juta. Jumlah itu masih cukup besar. Solusinya cari mobil yang harganya di bawah Rp110 juta atau menabung lebih lama supaya bisa membayar uang muka lebih besar," kata Fredy.

Editor : Dani Dahwilani