Penjualan Mobil di Dunia Diprediksi Turun 3,1 Juta Unit

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 29 November 2019 - 08:17 WIB
Penjualan Mobil di Dunia Diprediksi Turun 3,1 Juta Unit

Penjualan mobil di dunia diperkirakan turun 3,1 juta unit dengan kontributor utama perlambatan di China. (Foto: China Daily)

LOS ANGELES, iNews.id - Penjualan mobil di dunia diprediksi turun tajam sejak krisis keuangan melanda pada 2008. Menurut tim ekonomi Fitch Ratings, penjualan mobil global pada 2019 diperkirakan susut sekitar 3,1 juta unit.

Dilansir dari Carscoops, Jumat (29/11/2019), secara persentase penjualan mobil global turun sekitar 4 persen dibanding 2018, menjadi 77,5 juta unit. Di mana pada tahun lalu total penjualan mobil baru di dunia mencapai 80,6 juta unit.

Angka tersebut sebenarnya lebih kecil dari penjualan 2017 yang mencapai dari 81,8 juta unit. Ini juga menjadi penurunan tahunan pertama sejak 2009.

Berkurangnya permintaan kendaraan baru di China menjadi kontributor utama penurunan penjualan mobil di dunia. Dalam 10 bulan terakhir tahun ini, penjualan mobil di China turun 11 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Meski tidak sedrastis di China, penjualan mobil di AS juga turun. Fitch Ratings memperkirakan penurunan penjualan mobil di AS sekitar 2 persen menjadi 16,9 juta unit.

Bukan hanya pasar mobil yang terkena dampak. Menurut kepala ekonom Fitch Ratings, Brian Coulton, manufaktur global secara umum juga terpukul.

"Penurunan pasar mobil global sejak pertengahan 2018 menjadi kekuatan utama di balik kemerosotan manufaktur global, dan gambaran penjualan mobil berubah jauh lebih buruk dari yang kami perkirakan pada Mei lalu," kata Coulton.

Penurunan penjualan kendaraan juga dirasakan industri otomotif Indonesia. Berdasarkan data Gaikindo dalam 10 bulan terakhir penjualan mobil nasional turun sekitar 10 persen.


Editor : Dani Dahwilani