Punya Gaji Rp2 Jutaan Ingin Beli Mobil, Begini Caranya

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 13 Maret 2020 - 14:08 WIB
Punya Gaji Rp2 Jutaan Ingin Beli Mobil, Begini Caranya

Gaji Rp2 jutaan calon konsumen harus bisa mengelola uang dengan benar agar bisa membeli mobil. (Foto: First Post)

JAKARTA, iNews.id - Memiliki mobil menjadi impian bagi banyak orang. Namun, karena harganya mahal bagaimana dengan orang yang bergaji Rp2 jutaan. Bisakah beli mobil?

"Bisa saja asal harus sabar dan menyiapkan rencana yang matang dalam jangka panjang," ujar Direktur PT BRI Multifinance Indonesia, Handayatni Ariefiana Harjanti saat dihubungi iNews.id, Jumat (13/3/2020).

Wanita yang akrab disapa Ana ini menuturkan, gaji Rp2 jutaan artinya berada dikisaran Rp2 juta hingga Rp3 juta. Gaji sebesar itu calon konsumen harus bisa mengelola uang dengan benar agar bisa membeli mobil.

"Selain mengelola uang dengan benar, calon pembeli juga harus menerapkan tips-tips untuk mewujudkan keinginan. Misalnya, membeli mobil bekas sebagai alternatif atau mencari penghasilan tambahan," katanya.

Ana pun berbagi tips memiliki mobil dengan gaji Rp2 jutaan, sebagai berikut:

1. Jenis Mobil

Dalam menentukan mobil yang akan dibeli sebaiknya calon konsumen jangan memaksakan diri. Artinya, calon konsumen harus sadar dengan kekuatan finansial yang dimiliki.

"Pilihlah mobil bertipe LCGC (Low Cost Green Car) untuk kendaraan pertama. Harga baru mobil LCGC antara Rp80 juta hingga Rp130 juta. Angka ini tentu masih sangat ideal untuk gaji Rp2 jutaan," katanya.

2. Mobil Bekas

Jika tidak mampu membeli mobil LCGC baru, belilah mobil bekas. Mobil seken harganya lebih terjangkau, tergantung jenis mobil, merek dan tahun produksi.

"Dalam membeli mobil bekas yang terpenting adalah memastikan kondisi fisik dan mesin mobil. Apakah benar-benar masih bagus," kata Ana.

3. Cari Penghasilan Lebih

Carilah penghasilan tambahan. Misalnya, membuka usaha kecil-kecilan yang hasilnya bisa membantu cicilan atau tabungan untuk beli mobil. Jangan gengsi untuk membuka usaha kecil-kecilan di rumah, atau bisa juga dengan cara online.

"Jika dari usaha sampingan itu bisa mendapatkan keuntungan 500 ribu per bulan, sudah lumayan untuk menambah tabungan. Kuncinya tetap sabar dan tekuni saja sebagai pendapatan tambahan," ujar Ana.

4. Simpan Pendapatan

Sisihkan gaji atau penghasilan minimal Rp1 juta per bulan. Fokuslah pada kebutuhan wajib dan kurangi pengeluaran yang tidak penting. Misalnya, nongkrong di cafe atau membeli alat-alat yang tidak diperlukan.

"Sebuah penelitian mengatakan, orang yang menunda kesenangan akan lebih bahagia di masa depan. Jadi, tidak masalah jika Anda tidak bisa bersenang-senang sekarang. Tapi, di masa depan Anda bisa beli mobil sendiri," ujarnya.

5. Simulasi Membeli Mobil

Ada banyak pembayaran untuk membeli mobil, yakni dengan cara cash atau kredit. Jika memang terpaksa dan kondisi keuangan hanya bisa dilakukan dengan cara kredit, silakan. Tapi, jika lebih sabar lagi, belilah dengan cara cash.

"Simulasi membeli mobil tanpa kredit sebenarnya mudah. Anda cukup menabung Rp1 juta per bulan dan dari usaha kecil-kecilan Rp500 ribu per bulan, Anda bisa menabung kurang lebih 1,5 juta dalam satu bulan. Dalam waktu 5 tahun, Anda sudah memiliki dana Rp90 juta dan bisa membeli mobil bertipe LCGC," kata Ana.

Butuh kesabaran dan komitmen yang kuat jika ingin memiliki mobil dengan gaji hanya Rp2 jutaan. Jangan paksakan diri membeli secara kredit, karena itu akan benar-benar sangat memberatkan.

"Satu lagi yang harus dipikirkan adalah tanyakan pada diri apakah Anda memang benar-benar membutuhkan mobil atau hanya sekadar gengsi," ujar Ana.

Editor : Dani Dahwilani