Tegal Akan Jadi Pusat Pemasok Komponen Kendaraan Bermotor di Indonesia

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 22 Februari 2020 - 12:16 WIB
Tegal Akan Jadi Pusat Pemasok Komponen Kendaraan Bermotor di Indonesia

Ilustrasi spare part (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perindustrian memilih Tegal sebagai pemasok komponen dan aksesoris kendaraan bermotor nasional. Pasalnya, di sana banyak pelaku industri logam.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Gati Wibawaningsih mengatakan, Kemenperin bakal mempercepat pembangunan material center atau Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) logam di Tegal.

"Sentra IKM logam nantinya akan memproduksi berbagai komponen serta aksesoris mobil dan motor sesuai standar. Ini yang harus diperkuat baik dari SDM, teknologi mesin dan peralatan, promosi dan kemitraan, serta kemudahan akses bahan bakunya," kata Gati Wibawaningsih, dalam keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Sabtu (22/2/2020).

Gaikindo menargetkan pasar mobil di Indonesia pada 2020 tumbuh hingga 5 persen dari angka penjualan di 2019 lalu yang mencapai 1,03 juta unit kendaraan. Artinya, keberadaan IKM di industri otomotif nasional sangatlah penting dalam perkembangan ekonomi Indonesia.

"Sebagai bagian dari rantai pasok, IKM akan terus memberikan dukungan terhadap kemajuan industri otomotif nasional melalui kemitraan yang sudah terjalin dengan industri besar," ujar Gati.

Seperti diketahui, sentra produksi IKM logam di Indonesia sebagian besar tersebar di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Sementara pelaku IKM untuk komponen otomotif sebanyak 500 unit usaha dengan tenaga kerja hingga 25 ribu orang.

"Kami yakin, peningkatan unit penjualan kendaraan roda empat dan sepeda motor, menjadi pendorong bagi penguatan IKM komponen otomotif dalam negeri," katanya.

Editor : Dini Listiyani