Usia 16 Tahun, Toyota Avanza Bukukan Rekor Penjualan 1,8 Juta Unit

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 12 Desember 2019 - 15:35 WIB
Usia 16 Tahun, Toyota Avanza Bukukan Rekor Penjualan 1,8 Juta Unit

Toyota Avanza semakin kokoh sebagai multi porpose vehicle (MPV) terlaris di Indonesia dengan penjualan lebih dari 1,8 juta unit. (Foto: Toyota)

JAKARTA, iNews.id - Di usia ke-16 tahun, Toyota Avanza semakin kokoh sebagai multi porpose vehicle (MPV) terlaris di Indonesia dengan penjualan lebih dari 1,8 juta unit. Tahun ini, penjualan Avanza tumbuh sebesar 6,9 persen dibandingkan tahun lalu, di tengah penurunan permintaan pasar 11,1 persen di segmen Low MPV.  

“Toyota Avanza lahir dari upaya Toyota memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan the real 7-seater MPV dengan DNA yang handal dan tangguh. Kami bersyukur hingga di usianya ke-16 tahun ini, Avanza mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia," ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy dalam keterangan persnya kepads iNews.id, Kamis (12/12/2019).

"Ini tercermin dari penjualan Avanza yang tumbuh sebesar 6,9 persen di akhir 2019 . Terima kasih banyak kami ucapkan kepada pelanggan, khususnya kepada lebih dari 1,8 juta pengguna Avanza yang semakin memberikan kepercayaan kepada Avanza untuk menjadi MPV terlaris di Indonesia dan sekaligus menjadi Part of Indonesia Greatness,” katanya.

Sejak awal, Toyota Avanza dirancang sebagai kendaraan serba guna (MPV) yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan dan mendukung berbagai macam aktivitas masyarakat Indonesia. Spesifikasi dan performa dasar Avanza antara lain ground clearance yang ideal, mesin yang irit dan bertenaga, serta penggunaan sistem penggerak roda belakang (RWD), telah menjadi DNA Avanza yang berperan penting dalam mengakomodir beragam budaya masyarakat dan juga kondisi infrastruktur jalanan Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Marauke.

Anton melihat Avanza tidak hanya tampil fenomenal di sisi pencapaian tetapi juga mampu membuat segmen Low MPV menjadi sangat besar.

“Pasar Low MPV berkembang sangat pesat semenjak Avanza muncul. Satu tahun sebelum Avanza muncul, pasar Low MPV hanya berkisar 5.00p unit. Namun setelah Avanza muncul pasar Low MPV naik tajam menjadi mendekati 80 ribu unit pada akhir tahun 2004. Bahkan, pasar Low MPV pernah mencapai titik tertinggi di tahun 2013 dengan pencapaian lebih dari 200 ribu unit," ujarnya.

Editor : Dani Dahwilani