4 Macam Teknik Smash pada Permainan Badminton, Nomor 3 Senjata Andalan Taufik Hidayat

Cikal Bintang ยท Jumat, 26 November 2021 - 13:05:00 WIB
4 Macam Teknik Smash pada Permainan Badminton, Nomor 3 Senjata Andalan Taufik Hidayat
4 macam teknik smash pada permainan badminton. Salah satunya andalan Taufik Hidayat. (Foto: BWF)

JAKARTA, iNews.id – 4 macam teknik smash pada permainan badminton. Salah satunya andalan Taufik Hidayat.

Bulu Tangkis merupakan olahraga yang membutuhkan ketepatan dan kecepatan tangan. Banyak teknik pukulan yang bisa digunakan untuk mengalahkan lawan, salah satunya smash.

Shuttlecock yang dipukul dengan teknik smash akan melesat cepat dan sulit dikembalikan lawan. Tapi jika tidak dilakukan dengan benar, smash yang salah bisa membuat angka bagi lawan lantaran bola keluar lapangan atau menyentuh net.

Karena itu, dibutuhkan teknik yang baik dan benar dalam melepaskan pukulan smash agar jatuh di area lawan dengan sempurna. Ada empat macam teknik smash secara umum yang bisa dilakukan, yakni smash penuh, backhand smash, Smash the Head Smash dan smash potong.

Berikut 4 Macam Teknik Smash dalam Permainan Badminton:

1. Smash Penuh

Teknik pukulan smash ini bertujuan untuk benar-benar mematikan pergerakan lawan. Dalam melakukan teknik smash ini, perlu tenaga maksimal dan penggunaan seluruh daun raket.

Shuttlecock langsung diarahkan menukik untuk menghancurkan pertahanan lawan. Akan tetapi, teknik smash ini juga memiliki kelemahan yang bisa menjadi bumerang jika smash penuh yang dilakukan melebar atau tidak terarah.

2. Smash the Head Smash

Teknik smash ini bisa digunakan jika shuttlecock dikembalikan oleh lawan dengan teknik pukulan lob atau lebih tepatnya ke posisi backhand. Kemudian, kita dapat memutar lengan tepat di atas kepala dan melancarkan smash keras.

Teknik smash ini membutuhkan keterampilan dan kelenturan pergelangan tangan karena harus menjaga keseimbangan tubuh. Namun, bukan tidak mungkin untuk mengembalikan shuttlecock dengan teknik smash ini.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: