5 Fakta Kamaru Usman di UFC: Lewati Khabib Nurmagomedov hingga Tak Kalah Sejak 2013

Quadiliba Al Farabi ยท Senin, 26 April 2021 - 09:58:00 WIB
5 Fakta Kamaru Usman di UFC: Lewati Khabib Nurmagomedov hingga Tak Kalah Sejak 2013
Petarung UFC asal Nigeria, Kamaru Usman secara fantastis mengalahkan lawannya Jorge Masvidal dalam dua ronde. Usman dapat dikatakan sebagai petarung terbaik. (foto: Reuters)

FLORIDA, iNews.id- Kamaru Usman berhasil menang TKO atas lawannya Jorge Masvidal. Kemenangan itu membuat Kamaru Usman mencatatkan rekor-rekor fantastis di UFC.

Duel keduanya tersaji di main event UFC 261 pada Minggu (25/4/2021) pagi WIB. Pertarungan yang dihelat di VyStar Veterans Memorial Arena Jacksonville, Amerika Serikat ini berhasil dimenangkan The Nigerian Nightmare dengan Knocked Out (KO) pada ronde kedua.

Laga ini merupakan rematch antara kedua petarung semenjak Juli 2020 yang telah dimenangkan Usman dengan skor skor 50-45, 50-45, dan 49-46. Meski begitu, berbeda dengan laga sebelumnya, kali ini Usman mampu menuntaskan perlawanan hanya dengan 1 menit 2 detik di ronde kedua.

Dengan hasil ini, Usman kembali mampu mempertahankan gelar juara kelas welter yang telah ia rebut sejak 2 Maret 2019 melawan Tyron Woodley. Semenjak itu, sebanyak 18 kemenangan dan hanya 1 kali kalah dialami Usman, dengan ini berarti ia mencatatkan kemenangannya yang ke-19.

Berikut fakta-fakta setelah kemenangan Kamaru Usman pada UFC 261 kali ini dilansir pada akun resmi UFC:

1. Usman Kalahkan rekor kemenangan beruntun Khabib Nurmagomedov.

Dengan hasil ini Usman mencatatkan 14 kemenangan beruntun di ajang UFC melampaui beberapa pesaing termasuk petarung kelas ringan, Khabib Nurmagomedov. Beberapa petarung bersama Khabib seperti Max Holloway, Demetrious Johnson, Jon Jones, dan Georges St-Pierre menang beruntun sebanyak 13 kali.

Catatan Usman hanya tertinggal dengan pencatat kemenangan beruntun terbanyak dalam sejarah UFC yakni Anderson Silva. Silva mencatatkan 16 kemenangan beruntun di era 2006an

2. Statistik pertahanan anti takedown Usman masih 100%

Pada laga sebelumnya di UFC 251, Masvidal tak berupaya sedikit pun untuk membuat Usman Takedown disinyalir persiapannya yang terlalu mepet. Kali ini, persiapan Masvidal sebenarnya jauh lebih longgar ketimbang saat itu sehingga bisa saja melakukan takedown kepada Usman.

Namun kenyataan berbicara lain, jangankan membuat takedown, Masvidal tak diberi kesempatan menggoyahkan kuda-kuda Usman meski hanya satu ronde pun. Dengan hasil ini, statistik pertahanan Usman yang anti takedown oleh lawan masih 100 persen.

Editor : Ibnu Hariyanto

Halaman : 1 2