7 Pemain Bulu Tangkis Tunggal Putra Terlama yang Menempati Ranking 1 Dunia

Rilo Pambudi ยท Sabtu, 24 September 2022 - 23:55:00 WIB
7 Pemain Bulu Tangkis Tunggal Putra Terlama yang Menempati Ranking 1 Dunia
Pemain Bulu Tangkis Tunggal Putra Terlama yang Menempati Ranking 1 Dunia. Legenda bulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei sebut pemain paling konsisten masa kini. Nama Anthony Sinisuka Ginting turut dibawa-bawa. (Foto: CGTN)

JAKARTA, iNews.id - Berbicara pembulutangkis hebat, daftar pemain sektor tunggal putra terlama yang menempati ranking 1 dunia menarik untuk dibahas. Menjadi nomor satu di dunia adalah prestasi terbesar seorang pemain bulu tangkis.


Untuk menjadi rangking satu berdasarkan Federasi Badminton Dunia atau BWF tidaklah mudah. Seorang pemain harus bersaing poin dengan lawan-lawan yang tangguh dari seluruh dunia. Lebih sulit lagi adalah mempertahankan ranking tersebut. Pasalnya, peringkat akan terus berubah seiring digelarnya turnamen BWF.


Raihan poin menjadi kunci utama dalam klasifikasi peringkat dunia. Hal itu hanya bisa dicapai jika seorang pemain bisa memetik kemenangan demi kemenangan di setiap pertandingan. Meski begitu, setidaknya ada beberapa pemain di kelas tunggal putra yang pernah menempati peringkat ranking 1 BWF terlama. Berikut ini adalah daftarnya.


7 Pemain Bulu Tangkis Tunggal Putra Terlama yang Menempati Ranking 1 Dunia

1. Chen Long


Nama wakil China yang satu ini masuk dalam deretan pemain tunggal putra dengan ranking satu terlama di dunia. Chen Long pernah menempati posisi teratas BWF selama 84 minggu hingga Juni 2016 silam.


2. Kento Momota


Kento Momota adalah tunggal putra andalan Jepang yang hingga kini masih aktif dan menempati jajaran ranking teratas BWF. Kento Momota pernah menempati posisi tertinggi selama 94 minggu.


Selain itu, ia juga pernah mencatatkan namanya di Guinness World Records sebagai tunggal putra peraih gelar juara terbanyak dalam satu musim pada tahun 2019. Tahun itu, Kento Momota meraih 11 gelar juara semusim melebihi rekor Lee Chong Wei yang pernah meraih 10 gelar.


3. Poul-Erik Høyer Larsen


Presiden BWF saat ini, Poul-Erik Hoyer Larsen, adalah mantan tunggal putra kebanggaan Denmark yang pernah mengukir tinta emas. Hoyer pernah menduduki ranking pertama selama 96 minggu pada era 1990-an. Ia meraih banyak gelar bergengsi dunia saat masih aktif bermain.


4. Ardy Bernardus Wiranata


Nama yang mewakili Indonesia dalam deretan tunggal putra peraih ranking 1 terlama bukanlah Taufik Hidayat. Ia adalah Ardy Bernardus Wiranata yang menjadi salah satu andalan Indonesia pada masa jayanya. 


Ardy mampu menduduki ranking pertama dunia salam 153 minggu. Ardy merupakan peraih enam gelar juara Indonesia Open dan medali perak Olimpiade Barcelona 1992. Atas prestasinya itu, Ardy dijuluki sebagai Raja Indonesia Open.


5. Peter Gade


Selain Poul-Erik Hoyer Larsen, ada wakil dari Denmark lain yang namanya tercatat sebagai pernah bertengger di ranking 1 terlama. Ia adalah Peter Gade, legenda bulu tangkis Denmark yang menjuarai All England 1999. 


Gade merupakan pemegang empat gelar juara European Championship. Pada 1998-2001, Gade berhasil bertengger di ranking pertama dunia dan torehan 16 gelar Grand Prix. Gade menduduki ranking pertama dunia selama 159 minggu.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda