Apa Kabar Simon Santoso, Tunggal Putra Merah Putih Terakhir yang Juara Indonesia Open

Rio Erfandi ยท Kamis, 25 November 2021 - 10:15:00 WIB
Apa Kabar Simon Santoso, Tunggal Putra Merah Putih Terakhir yang Juara Indonesia Open
Bicara soal Indonesia Open tak lengkap jika tak menyebut nama Simon Santoso. Simon Santoso merupakan tunggal putra Indonesia terakhir yang juara Indonesia Open. (Foto: PBSI)

JAKARTA, iNews.id- Bicara soal Indonesia Open tak lengkap jika tak menyebut nama Simon Santoso. Simon Santoso merupakan tunggal putra Merah Putih terakhir yang juara Indonesia Open.

Simon adalah salah satu pebulu tangkis terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Simon mempunya segudang prestasi, salah satunya Indonesia Open 2012.

Ternyata itu menjadi gelar Indonesia Open terakhir yang diraih sektor tunggal putra Indonesia. Hingga kini belum ada lagi tunggal putra Indonesia yang bisa meraih juara Indonesia Open.

Simon memang memiliki bakat luar biasa di olahraga bulu tangkis. Putra bungsu dari pasangan Hosea Lim dan Rahel Yanti ini lahir di Tegal, Jawa Tengah pada 29 Juli 1985. Dia memulai kariernya bersama klub Tangkas Jakarta sebelum akhirnya masuk ke Pelatnas Cipayung.

Deretan prestasi apik pun pernah dia dapatkan dengan salah satunya meraih medali emas SEA Games nomor tunggal putra sebanyak dua kali pada 2009 dan 2011. Bahkan pencapaian tertingginya adalah menapaki peringkat ketiga dunia pada 26 Agustus 2010. 

Simon Santoso meraih tiga gelar juara BWF Superseries, yakni Denmark Open 2009, Indonesia Open 2012 dan Singapura Open 2014. Simon Santoso juga menjadi runner-up sebanyak empat kali di ajang tahunan garapan BWF sejak 2007. 

Dia juga turut menyumbangkan emas bulu tangkis untuk Indonesia di nomor tunggal putra SEA Games 2009 dan 2011. Simon Santoso sejauh ini masih memegang rekor sebagai pebulu tangkis Indonesia terakhir yang mampu meraih juara Indonesia Open di nomor tunggal putra. 

Editor : Ibnu Hariyanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: