BBS Beberkan Pentingnya Skill, Latihan dan Mental dalam Dunia Futsal

MNC Media ยท Rabu, 24 Februari 2021 - 17:27:00 WIB
BBS Beberkan Pentingnya Skill, Latihan dan Mental dalam Dunia Futsal
Bambang Bayu Saptaji. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Nama Bambang Bayu Saptaji sudah sangat dikenal di dunia futsal Tanah Air. Dia merupakan pemain yang telah menorehkan prestasi di lapangan futsal. Pria yang akrab disapa BBS ini merupakan langganan masuk tim nasional (timnas) futsal.

Pria kelahiran Bogor, 8 September 1992 ini membagikan tips untuk para pemain muda futsal yang ingin meniti karier profesional di dunia futsal seperti dirinya.

BBS menekankan pentingnya mental, skill dan latihan. Tiga hal ini, menurutnya, yang membuat pemain bisa terus maju dan berkembang di dunia futsal. 

"Siapkan mental, siapkan skill, semangat latihan mulai dari sekarang," ucap BBS. 

Dia menegaskan, skill harus terus diasah semenjak dini. Sementara mental sangat diperlukan jika pemain mau "naik kelas".  

"Di level profesional itu, mental sangat menentukan dan juga mental itu terbentuknya kan karena, ibaratnya kita pengalaman-pengalaman dari sparing, latihan," ujar dia. 

Jika latihan seorang pemain sudah bagus, dan diimbangi dengan turnamen-turnamen yang bagus, dia berpendapat hal tersebut akan secara otomatis mengasah mental.

BBS juga menyarankan kepada pemain muda untuk ikut akademi futsal. Pemain muda, menurut dia, akan berkembang di bawah asuhan akademi.  

"Semangat terus, rajin berlatih, kalau belum ikut akademi bisa ikut akademi. Kan banyak tuh sekarang akademi-akademi futsal atau kompetisi yang melibatkan akademi-akademi di Indonesia ini. Dan kalian bisa ikut akademi dulu, lalu setelah itu ikut kejuaraan," dia menjelaskan. 

Editor : Abdul Haris

Halaman : 1 2 3