Begini Beda Bola Futsal dan Sepak Bola

MNC Media ยท Sabtu, 20 Februari 2021 - 18:50:00 WIB
Begini Beda Bola Futsal dan Sepak Bola
Bola futsal berbeda dengan bola yang digunakan untuk sepak bola. (Foto: MNC Media)

Coach Sayan menambahkan, ukuran bola futsal yang lebih kecil bertujuan agar dapat dikuasai dengan mudah oleh pemain dan membuat tempo permainan futsal itu sendiri menjadi lebih cepat.

Futsal mania, berikut adalah persyaratan teknis bola futsal sesuai ketentuan internasional:

1. Bahan, dari segi bahan pelapis luarnya, untuk bola yang dipakai bermain sepak bola selalu dilapisi dengan karet, sebagian di antaranya ditambah dengan bahan sintetis atau buatan pabrik, tentunya dengan kualitas yang baik sehingga memiliki ketahanan yang bagus terhadap tendangan. Sedangkan bola futsal berbahan kulit.

2. Diameter, ukuran dari bola untuk bermain futsal lebih kecil dibandingkan dengan sepak bola, di antaranya adalah memiliki diameter antara 62 sampai dengan 64 cm, sedangkan untuk bola sepak ukurannya antara 68 sampai dengan 72 cm.

Berat bola, karena memiliki ukuran diameter yang berbeda, maka jika melihat dari segi bobot keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup jelas, bobot bola sepak lebih berat jika dibandingkan dengan bola untuk olahraga futsal.

3. Pantulan bola, dengan melakukan uji pantulan antara bola sepak dengan bola untuk futsal dari ketinggian 1 meter, maka bola untuk futsal memiliki daya pantul yang lebih rendah jika dibandingkan dengan bola sepak biasa.

Nah, ingatlah spesifikasi bola futsal seperti yang sudah disebutkan di atas ya. Jangan sampai salah pilih bola dan selamat bertanding.

Editor : Abdul Haris