Bos Formula 1 Targetkan 2020 Berjalan pada Musim Panas

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 08:11 WIB
Bos Formula 1 Targetkan 2020 Berjalan pada Musim Panas

CEO Formula 1 (F1) Chase Carey. (Foto: Splash)

PARIS, iNews.id – CEO Formula 1 (F1) Chase Carey mengakui pihaknya harus melakuakn penyesuaian menyusul sejumlah balapan yang ditunda. Dia pun menilai musim ini hanya akan diisi oleh 15 hingga 18 balapan saja.

Sebelumnya, musim ini diperkirakan menjadi yang paling sibuk dalam sejarah. Dengan 22 ronde yang dijadwalkan, 2020 seharusnya menjadi musim yang memiliki balapan terbanyak.

Namun, virus corona mulai mengganggu. Tak kurang dari delapan balapan pertama sudah dipastikan tak bisa dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.

Tidak hanya itu, dua di antaranya, yakni GP Australia dan GP Monako sudah dipastikan batal, dan enam lainnya ditunda. Carey mengaku ada potensi balapan lain yang akan mengalami penundaan atau pembatalan.

“Untuk saat ini, tidak ada yang yakin kondisi bisa membaik. Saya yakin kondisi akan lebih baik dan kami kembali balapan. Kami yakin bisa menghadirkan kejuaraan musim 2020,” kata Carey di laman resmi F1.

“Kami sadar ada beberapa balapan sangat berpotensi kembali ditunda. Tetapi, kami yakin bisa memulai balapan pada musim panas, dengan kalender yag direvisi berisi antara 15-18 putaran,” ujarnya.

GP Azerbaijan jadi balapan F1 keenam musim ini yang terpaksa ditunda akibat pandemi virus corona setelah Bahrain, Vietnam, Cina, Belanda dan Spanyol. Sedangkan Australia serta Monako sudah dibatalkan.

Untuk sementara, GP Kanada yang berlangsung pada 15 Juni mendatang direncanakan untuk menjadi balapan pertama. Namun, balapan ini juga berpeluang mengalami penundaan.


Editor : Abdul Haris