Dukung Gerakan Anti-Rasis, Mobil Mercedes Gunakan Warna Baru di 2020

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 05:45 WIB
Dukung Gerakan Anti-Rasis, Mobil Mercedes Gunakan Warna Baru di 2020

Mobil Mercedes-AMG khusus musim 2020 (Foto: Motorsport)

BARKLEY, iNews.id - Tim Mercedes-AMG bakal tampil berbeda pada kompetisi Formula 1 musim 2020. Mereka akan mengubah warna mobil dari silver menjadi dominan hitam.

Itu dilakukan untuk mendukung gerakan anti-rasisme. Isu tersebut sedang marak setelah kasus kematian George Floyd, warga kulit hitam Amerika Serikat.

“Rasisme dan diskriminasi tidak memiliki tempat dalam tim ini. Begitu juga di olahraga kami,” kata pembalap Mercedes, Lewis Hamilton.

“Kami ingin menggunakan suara ini dan plaform berskala dunia untuk menyuarakan rasa saling hormat dan kesetaraan. Tim Silver Arrow akan balapan dengan warna hitam sepanjang musim demi menunjukkan komitmen kami,” ujarnya dikutip dari Motorsport, Selasa (30/6/2020).

Selain mobil yang berganti warna, nantinya baju balap serta helm untuk Hamilton dan Valtteri Bottas juga ikut berubah. Hal itu dilakukan agar para pembalap bisa tampil seirama dengan warna mobil.

Hamiltom sendiri merupakan satu-satunya pembalap berkulit hitam yang tampil di F1 2020. Pembalap asal Inggris tersebut selalu lantang bersuara ketika menyinggung kasus pelecehan rasis.

Editor : Bagusthira Evan Pratama