Federer Bantu Pemerintah Swiss Lawan Covid-19

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 16:50 WIB
Federer Bantu Pemerintah Swiss Lawan Covid-19

Roger Federer lolos ke 16 besar Australia Terbuka 2020 (Foto: ABC)

JENEWA, iNews.id - Petenis asal Swis, Roger Federer, menyumbangkan uang pribadinya untuk membantu melawan penyebaran Covid-19. Federer mengalokasikan dana tersebut kepada sejumlah keluarga yang rentan tertular.

Swiss tercatat menjadi negara kesembilan dengan jumlah positif Covid-19 terbanyak di dunia. Sampai Kamis (26/3/2020), lebih dari 8.800 orang telah terpapar virus tersebut.

Sebagai upaya membantu pemerintah Swiss mencegah penularan lebih banyak, Federer berinisiatif mendonasikan 1 juta francs atau sekitar Rp. 16,6 miliar. Uang tersebut diberikan untuk kelompok orang yang rentan tertular diantaranya lansia, anak-anak, dan individu dengan imunitas rendah.

“Sekarang adalah momen yang menantang untuk semua. Tidak ada yang boleh dilupakan. Saya beserta istri secara pribadi memutuskan untuk mendonasikan 1 juta francs untuk keluarga yang rentan terinfeksi di Swiss,” kata Federer di akun Instagram-nya.

Peraih 20 gelar grand slam itu berharap langkahnya ini bisa menggugah solidaritas atas dasar kemanusiaan. Dia percaya masa sulit ini bisa dilewati dengan cara saling bekerja sama.

“Kontribusi kami ini hanya permulaan. Kami berharap ada banyak pihak lain yang bergabung dalam membantu keluarga yang lebih membutuhkan. Bersama-sama, kami bisa melewati krisis ini,” ujarnya.

Penetapan Pandemi Covid-19 oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) memaksa sejumlah turnamen tenis ditunda, salah satunya Prancis Terbuka yang terpaksa diundur hingga beberapa bulan kedepan. Selain itu, peringkat ATP juga dibekukan sementara.


Editor : Arif Budiwinarto