FIA Bentuk Sel Krisis untuk Antisipasi Pembatalan Balapan akibat Korona

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Sabtu, 07 Maret 2020 - 18:13 WIB
FIA Bentuk Sel Krisis untuk Antisipasi Pembatalan Balapan akibat Korona

Federasi Balap Mobil Dunia (FIA) terus mengawasi kesiapan balap di seluruh dunia mengantisipasi mewabahnya virus korona. (Foto: GP Today)

PARIS, iNews.id – Federasi Balap Mobil Dunia (FIA) membentuk tim khusus untuk mengawasi kesiapan balap di seluruh dunia. Sel Krisis FIA dibentuk agar setiap pihak bisa bersiap jika ada balapan yang harus ditunda akibat virus korona.

Akibat virus bernama lain COVID-19 itu sejumlah kompetisi di dunia harus dibatalkan secara mendadak. Sebelumnya, ajang F1 sudah menunda Grand Prix (GP) China pada April mendatang.

Sementara balap mobil listrik Formula E (FE) telah menunda ePrix di Sanya, China dan Roma, Italia. Agar semua pihak bisa lebih bersiap, maka tiap penyelenggara akan menghubungi Sel Krisis FIA, jika ada ajang yang harus ditunda.

“Sel Krisis FIA telah dibentuk untuk mempertimbangkan segala macam kemungkinan, mengikuti perkembangan seluruh dunia. FIA akan terus mengawasi situasi dan akibatnya,” bunyi pernyataan resmi FIA dikutip Motorsports.

“FIA akan mengevaluasi kalender kompetisi yang akan datang, dan mengambil langkah jika diperlukan. Hal ini untuk melindungi komunitas balap seluruh dunia, termasuk jika menunda sebuah ajang jika diperlukan,” lanjutnya.

Hingga saat ini, masih belum ada balapan lain yang mengalami penundaan. Namun, ada beberapa ajang, seperti GP Vietnam, April mendatang yang bisa berpeluang ditunda.

Selain itu, GP Bahrain yang dijadwalkan sebagai balapan kedua F1 2020 telah menghentikan penjualan tiket. Dengan begitu, hanya segelintir pihak yang bisa menyaksikan GP Bahrain di Sirkuit Sakhir.

Editor : Abdul Haris