FIFA Izinkan Teknologi Video Support System di Piala Dunia Futsal 2021

MNC Media ยท Kamis, 17 Juni 2021 - 20:22:00 WIB
FIFA Izinkan Teknologi Video Support System di Piala Dunia Futsal 2021
FIFA mengizinkan penggunaan Video Support System di Piala Dunia Futsal Lithuania 2021. Teknologi ini dinilai akan berdampak positif pada permainan. (Foto: MNC Media)

VILNIUS, iNews.id - FIFA mengizinkan penggunaan Video Support System di Piala Dunia Futsal Lithuania 2021. Teknologi ini dinilai akan berdampak positif pada permainan.

Video Support System terdiri dari operator peninjau dan monitor yang ditempatkan di sisi lapangan. Dengan begitu wasit dapat langsung memeriksa ketika terjadi insiden tertentu. 

Wasit dan tim akan mendapat manfaat dari pemutaran ulang video. Teknologi ini telah diuji di beberapa liga futsal papan atas di Eropa. 

Berikut ini tipe insiden spesifik yang dapat ditinjau ulang melalui Video Support System :
1. Situasi gol / tidak gol
2. Insiden di Area Penalti
3. Insiden yang menyebabkan Kartu Merah Langsung
4. Potensi Kasus kesalahan pengambilan Keputusan wasit

Pierluigi Collina, Ketua Komite Wasit FIFA, mendukung pengenalan video support system dan menanggapi dengan atusias pelaksanaannya. 

“Ini adalah tonggak penting bagi permainan futsal. pengenalan video support system di tingkat tertinggi kompetisi internasional tentu akan menjadi sistem inovatif untuk olahraga ini. Inovasi ini memungkinkan peninjauan cepat atas insiden spesifik di lapangan dan pada akhirnya memastikan hasil yang lebih adil," kata Collina.

Wasit akan memiliki kesempatan untuk memeriksa insiden dan mengklarifikasi momen-momen yang menentukan dalam pertandingan futsal. Teknologi ini telah diuji di beberapa kompetisi dan juga telah beroperasi di Lithuania, negara tuan rumah Piala Dunia Futsal 2021.

Selain itu, konsultasi yang dilakukan dengan berbagai pemangku kepentingan futsal, termasuk pelatih dan pemain top, menghasilkan feed back yang sangat positif mengenai sistem tersebut.

“Tentu saja, penerapan setiap elemen baru yang diperkenalkan ke dalam game selalu menimbulkan tantangan; namun, reaksi dari komunitas futsal sangat positif. Pelatih dari tim yang memenuhi syarat akan segera diberi pengarahan tentang alat inovatif dan fokusnya adalah menghadirkan Piala Dunia Futsal yang fantastis dan berteknologi modern” tambah Collina.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2