Grand Prix Spanyol Ditunda, Kalender MotoGP Kembali Berubah

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 20:20 WIB
Grand Prix Spanyol Ditunda, Kalender MotoGP Kembali Berubah

Jadwal MotoGP 2020 kembali berubah (Foto: Ist)

JEREZ, iNews.id - Jadwal MotoGP 2020 kembali mengalami perubahan. Hal ini terjadi setelah beberapa negara terpaksa mengundur balapan karena ancaman virus corona yang belum mereda.

Terbaru, Grand Prix Spanyol di Sirkuit Jerez yang harusnya berlangsung pada 3 Mei harus ditunda penyelenggaraannya. Pihak MotoGP masih belum menentukan tanggal barunya.

Penundaan ini diambil setelah Spanyol menjadi negara kedua di Eropa dengan jumlah kematian akibat Covid-19 terbanyak setelah Italia. Sampai berita ini diturunkan ada 3.434 korban jiwa.

“FIM, IRTA, dan Dorna Sports dengan menyesal mengumumkan penundaan GP Spanyol. Balapan di Sirkuit Jerez seharusnya berlangsung pada 3 Mei. Karena wabah virus korona, balapan harus dijadwalkan ulang,” bunyi pernyataan resmi MotoGP.

Banyaknya balapan yang ditunda menyebabkan kalender MotoGP 2020 berantakan. Operator belum bisa menentukan jadwal baru karena masih harus menunggu keadaan lebih kondusif.

“Karena situasi saat ini terus berubah, tanggal baru untuk GP Spanyol belum bisa ditentukan hingga keadaan sudah jelas. Kalender yang telah direvisi akan diterbitkan sesegera mungkin,” lanjutnya.

Sebelumnya Dorna selaku operator MotoGP juga menunda jadwal GP Thailand, GP Amerika Serikat dan GP Argentina. Selain itu Dorna juga meniadakan kelas MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar. Balapan di sana hanya melibatkan tim Moto2 dan Moto3.

Dengan begitu, GP Prancis di Sirkuit Bugatti Le Mans pada 17 Mei diperkirakan bakal menjadi balapan pertama. Namun, balapan ini juga berpotensi tak bisa digelar tepat waktu mengingat kondisi di Prancis juga masih berisiko.

Editor : Arif Budiwinarto