Honda Juara Konstruktor MotoGP 2019, Marc Marquez: Kemenangan yang Sulit

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 20 Oktober 2019 - 18:51:00 WIB
Honda Juara Konstruktor MotoGP 2019, Marc Marquez: Kemenangan yang Sulit
Marc Marquez merayakan kemenangannya pada MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (20/10/2019) siang. (Foto: AP)

MOTEGI, iNews.id – Honda berhasil menjadi juara konstruktor MotoGP 2019, setelah pembalapnya Marc Marquez menjadi juara Grand Prix (GP) Jepang, Minggu (20/10/2019) siang. Namun, dia mengakui tak mudah untuk menang di Sirkuit Twin Ring Motegi.

Berkat prestasi Marquez itu, Honda kini mengoleksi poin 356, dan unggul 86 angka dari Ducati di posisi kedua. Gelar itu merupakan yang ke-25 sepanjang sejarah MotoGP. Dengan tiga balapan tersisa dan 75 poin maksimal bagi Ducati, Honda tak akan terkejar.

Meski begitu, Marquez mengaku tak mudah untuk memenangkan balapan kali ini. Pasalnya, dia harus menahan kejaran rider Petronas Yamaha Fabio Quartararo. Apalagi Marquez sempat khawatir karena bahan bakarnya menipis.

“Balapan kali ini tidak mudah. Strategi saya sejak awal adalah membangun jarak, namun sulit untuk melakukannya. Kami terus mencapai batas. Tetapi, pada akhirnya kami meraih kemenangan dan terima kasih kepada seluruh anggota tim Repsol Honda,” kata Marquez kepada DAZN.

Pembalap asal Spanyol itu menilai performanya ketika balapan tak terlepas dengan sesi latihan pemanasan sebelum balapan. Saat itu, dia berhasil mejadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 45,816 detik. Dari situ, Marquez pun meneruskan momentum untuk memenangkan balapan.

“Kami begitu kuat ketika sesi latihan pemanasan, dan hal itu sangat membantu performa ketika balapan. Ketika balapan tersisa dua putaran, saya mulai khawatir karena indikator bahan bakar tinggal sedikit mulai menyala,” ujarnya.

“Saya mulai berpikir apakah lawan mulai mendekat dan mempertimbangkan untuk menurunkan kecepatan. Namun, semua berjalan lancar hingga akhir. Saya senang bisa terus menekan setelah meraih gelar. Saya bertekad untuk meraih podium di setiap balapan,” tutur Marquez.

Kemenangan rider berusia 26 tahun itu merupakan yang ke-10 sepanjang musim ini. Selain itu, dia juga menyamai prestasi Mick Doohan, yang sukses mengantongi 54 kemenangan di kelas paling atas balap motor dunia.

Editor : Abdul Haris

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda