Ini 5 Stadion dengan Atmosfer Terbaik di Liga Spanyol

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Senin, 06 April 2020 - 10:55 WIB
Ini 5 Stadion dengan Atmosfer Terbaik di Liga Spanyol

Stadion Real Madrid, Santiago Bernabeu (foto: Facebook)

MADRID, iNews.id - Alasan fans mau menyaksikan langsung pertandingan di stadion bukan cuma ingin melihat pemain idolanya beraksi. Mereka juga tertarik merasakan langsung atmosfer luar biasa di bangku penonton. 

Setiap klub sepak bola dimanapun di dunia ini pasti memiliki basis suporter setia yang siap memberikan dukungan penuh, terutama saat bermain di kandang. Nyanyian, sorak-sorai, gemuruh tabuhan drum, sampai koreografi menjadi pemandangan umum di tiap pertandingan. Inilah daya tarik lain yang membuat para fans rela mengorbankan waktu dan uang. 

Di Liga Inggris kelompok suporter Red Army setia memeriahkan Old Trafford setiap kali Manchester United memainkan laga home, di sementara di Italia dua basis suporter tim sekota, Milanisti dan Interisti, berbagi sektor tribun (Curva Sud dan Curva Nord) di Stadion San Siro. 

Bagaimana dengan di La Liga Spanyol? Berikut ini, lima stadion dengan atmosfer paling mengesankan sesuai dengan hasil jajak pendapat yang digelar Marca. 

5. Estadio Ramon Sanchez Pizjuan (Sevilla)
Sevilla kerap menghadirkan kejutan bagi tim tamu. Saat bermain di kandang sendiri Sevilla terkenal sulit dikalahkan. Faktanya, mereka baru menelan dua kekalahan dari 13 laga kandang musim ini. 

Sebagai informasi Estadio Ramon Sanchez Pizjuan berkapasitas 48.649 penonton, saat Los Rojiblancos bermain hampir sebagian besar seluruh kursi terisi. 

Ramon Sanchez Pizjuan, Kandang Sevilla (foto: stadia-image)
Ramon Sanchez Pizjuan, Kandang Sevilla (foto: stadia-image)

 

4. San Mames Barria (Athletic Bilbao)
Athletic Bilbao kerap menjadi kuda hitam bagi tim-tim besar saat bermain di depan publik sendiri. Dari 13 laga yang sudah berjalan di San Mames musim ini, tujuh diantaranya berakhir dengan kemenangan, termasuk menang 1-0 atas Barcelona. Hal itu membuktikan betapa mengerikannya atmosfer stadion berkapasitas 53.289 penonton tersebut.

Kandang Athletic Bilbao, San Mames
Kandang Athletic Bilbao, San Mames

 

3. Estadio Wanda Metropolitano (Atletico Madrid)
Markas milik Atletico ini punya kengerian tersendiri. Stigma tersebut terbukti sukses menghantui setiap tim yang melawat kesana. 

Dari 18 pertandingan home di semua kompetisi, skuad asuhan Diego Simeone hanya pernah menelan satu kekalahan saja. Berkat dukungan pendukung setianya, Atletico bahkan mampu membungkam Liverpool juara bertahan Liverpool di leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Kandang Atletico Madrid, Stadion Wanda Metropolitano (foto: Okezone)
Kandang Atletico Madrid, Stadion Wanda Metropolitano (foto: Okezone)

 

2. Camp Nou (Barcelona)
Nama besar Barcelona FC ditambah fakta tampil di salah satu stadion terbesar di dunia menjadi tekanan tersendiri bagi tim tamu. Hal inilah yang membuat Barca kerap meraih kemenangan penting di depan publik sendiri. 

Dari 13 pertandingan kandang La Liga musim ini, Lionel Messi dan kawan-kawan belum kalah, cuma sekali kehilangan poin saat diimbangi Real Madrid tanpa gol. 

Markas Barcelona, Nou Camp (foto: FC Barcelona)
Markas Barcelona, Nou Camp (foto: FC Barcelona)

 

1. Santiago Bernabeu (Real Madrid)
Markas Los Blancos ini dianggap sebagai stadion dengan atmosfer terbaik di Spanyol. Dengan kapasitas lebih dari 90 ribu tempat duduk memungkinkan banyak Madridistas mendukung langsung perjuangan Karim Benzema dan kawan-kawan di lapangan. 

Hal tersebut membuat Madrid belum pernah kalah pada 13 pertandingan kandang La Liga musim ini. Mereka meraih sembilan kemenangan dan empat hasil imbang.

Stadion Real Madrid, Santiago Bernabeu (foto: Facebook)
Stadion Real Madrid, Santiago Bernabeu (foto: Facebook)

 

Editor : Arif Budiwinarto