Ini Cara Pembalap Honda Racing Team Rawat Baju Balap

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 17:59 WIB
Ini Cara Pembalap Honda Racing Team Rawat Baju Balap

Pembalap AHRT punya trik khusus untuk perawatan kostum balap. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Musim balap 2020 masih rehat sejenak. Tapi para pebalap muda Indonesia yang tergabung di Astra Honda Racing Team (AHRT) selalu mempersiapkan diri mulai dari menjaga kebugaran tubuh, mental, hingga merawat pakaian.

Baju balap jadi salah satu hal penting yang harus dipersiapkan. Karena lama tidak digunakan, pembalap AHRT punya trik khusus untuk perawatannya.

"Sebelumnya, saya selalu menyemprot angin pada bagian dalamnya. Setelah itu, bahan kulitnya dibersihkan pakai leather lotion care. Kalau jeda lama seperti sekarang, saya simpan di ruangan yang tak terkena matahari langsung dan tak lembab," kata pembalap AHRT di kelas AP250, Lucky Hendriansya.

Trik hampir sama dilakukan Rheza Danica Ahrens, pembalap yang tahun ini turun di kelas SS600. Langkah pertama yang selalu dilakukannya terkait perawatan baju balap adalah sebisa mungkin mengeringkan bagian dalam yang terkena keringat.

Tak cuma itu. Rheza juga membersihkan bagian luar yang berbahan kulit dengan alat khusus. Itu dilakukan agar kostumnya tidak berjamur.

"Setelah semua proses itu, kalau tidak dipakai lama seperti saat ini, saya selalu memberinya pelembab agar bagian kulit tetap lentur saat akan dipakai. Nah, bagian dalamnya setelah kering disemprot dengan pewangi dan anti bakteri," ujar Rheza.

Editor : Bagusthira Evan Pratama