Ini Pebulutangkis Indonesia Peraih Medali Emas Olimpiade

Reynaldi Hermawan · Rabu, 04 November 2020 - 15:52:00 WIB
Ini Pebulutangkis Indonesia Peraih Medali Emas Olimpiade
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir saat menerima medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016. (Foto-Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Hal tersebut disampaikan dalam rapat virtual di Istana Merdeka, Rabu (4/11/2020).

Tentu hal ini menjadi sesuatu yang membanggakan bagi masyarakat dan insan olahraga Indonesia. Bulutangkis selalu menjadi cabang olahraga yang diandalkan untuk mendulang emas di Olimpiade.

Sejauh ini sudah ada 11 atlet yang pernah mengumandangkan Indonesia Raya pada multiajang paling akbar di muka bumi itu. Siapa saja mereka? Ini ulasan selengkapnya seperti yang sudah dirangkum tim iNews.id: 

1. Susi Susanti – Olimpiade Barcelona 1992 (tunggal putri)

Susi Susanti (Olimpiade 1992)

Pada 5 Agutus 1992, air mata wanita asal Tasikamalaya itu jatuh ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dia terharu bisa menjadi atlet pertama yang membawa negaranya meraih medali emas pada ajang sekelas Olimpiade.

Prestasi apik itu didapatkannya setelah mengalahkan rivalnya yakni pebulu tangkis asal Korea Selatan Bang Soo-hyun setelah melalui pertarungan sengit selama tiga game 5-11, 11-5 dan 11-3.

Editor : Abdul Haris