Kalahkan Juara Dunia, Ismail Kadir Pastikan Medali dari Cabor Biliar

Haryo Jati Waseso ยท Sabtu, 07 Desember 2019 - 14:24 WIB
Kalahkan Juara Dunia, Ismail Kadir Pastikan Medali dari Cabor Biliar

Pebiliar Indonesia Ismail Kadir. (Foto: POBSI)

MANILA, iNews.id - Pebiliar Indonesia Ismail Kadir memastikan diri lolos ke semifinal biliar 10 Ball Poll Single putra SEA Games 2019, usai mengalahkan atlet kawakan Filipina Carlo Biado di Hotel Tent Manila, Sabtu (7/12/2019). Dengan begitu, satu medali sudah pasti di tangan kontingen Indonesia dari cabang olahraga (cabor) biliar.

Pada babak perempat final tersebut, Ismail menang dengan skor telak 9-2. Hasil ini cukup mengagetkan, mengingat sang lawan merupakan juara dunia 9 ball pada 2017. Dia juga beberapa kali mampu mencapai final kejuaraan dunia 10 ball.

Kesuksesan Ismail disambut baik oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Robby Suarly. Dia menegaskan, kekuatan psikologis Ismail menjadi salah satu kunci suksesnya di laga ini.

“Dia sudah seperti dua tahun lalu, seperti saat pertama saya bertemu dengannya. Sejak mengalahkan pemain Myanmar, saya selalu memotivasinya dan akhirnya jadi kenyataan,” tuturnya kepada iNews.id.

Robby mengungkapkan masalah psikologis selalu menjadi kendala bagi para atlet, meski secara kualitas permainan mereka cukup baik. Dia juga menegaskan Ismail cukup matang dalam bermain, meski usianya masih muda.

“Dia memiliki keunggulan di penguasan bola dan atmosfer permainan. Hal itu sangat penting. Ismail itu sosok yang saya tunggu. Saya belum pernah melihat pemain dengan kematangan seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II Binpres POBSI Achmad Fadil Nasution mengungkapkan kesuksesan Ismail ini menjadi kabar baik bagi cabor biliar, dan bisa memantik semangat rekan-rekannya.

“Ismail akan mendongkrak semangat tim Indonesia. Ini pertanda baik buat tim kita pada SEA Games ini dan masa depan biliar Indonesia ke depannya,” tutur Fadil.

Dia pun percaya medali emas bukan mustahil untuk diraih oleh Ismail. “Terbuka sekali (meraih medali emas), karena yang dia kalahkan adalah para unggulan. Di SEA Games pertamanya sudah tampil begini, semua bisa terjadi,” katanya.

Pada babak semifinal di tempat yang sama, Minggu (8/12/2019), Ismail akan melawan pemenang antara wakil Singapura Sharik Aslem Sayed dan pebiliar Vietnam Do The Kien.


Editor : Haryo Jati Waseso