Lewis Hamilton Terancam Dihukum karena Kaus Antirasis

Bagusthira Evan Pratama ยท Selasa, 15 September 2020 - 18:45 WIB
Lewis Hamilton Terancam Dihukum karena Kaus Antirasis

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton (Foto: Crash)

MUGELLO, iNews.id - Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton terancam dijatuhi hukuman. Federasi Otomotif Internasional (FIA) sedang menyelidiki dugaan pelanggaran disiplin yang dilakukan Hamilton pada GP Tuscan akhir pekan lalu.

Ketika itu Hamilton mengenakan kaus bertuliskan pesan antirasis 'Arrest the cops who killed Breonna Taylor (Tangkap polisi yang membunuh Breonna Taylor)'. Hal tersebut rupanya melanggar ketentuan di dunia balap karena mengandung unsur politis.

Seperti diketahui, Taylor merupakan petugas medis berkulit hitam yang ditembak delapan kali oleh kepolisian di kawasan Kentucky, Amerika Serikat, Maret 2020 lalu. Sejauh ini polisi yang menembaknya belum mendapat hukuman yang wajar.

Hamilton memang dikenal vokal dalam menyuarakan pesan antirasis. Beberapa waktu lalu dia mengenakan kaus bertuliskan 'Black Lives Matter' sebagai bentuk dukungannya kepada warga kulit hitam usai insiden kematian George Floyd.

Namun kali ini aksinya dianggap melanggar kode etik. Jika benar bersalah, pembalap asal Inggris tersebut bisa dijatuhi sanksi denda.

“Butuh waktu lama bagi saya untuk mengenakannya dan membuat khalayak sadar bahwa ada seseorang terbunuh di jalan, di rumahnya sendiri. Sementara pelakunya masih berkeliaran bebas,” kata Hamilton dilansir AFP.

Terlepas dari itu, Hamilton berhasil memenangkan GP Tuscan. Dia finis terdepan setelah melahap 59 lap dengan catatan waktu 2 jam 19 menit 35,060 detik.

Editor : Bagusthira Evan Pratama