Lifter Muda Indonesia Windy Cantika Siap Bikin Kejutan di Olimpiade 2020

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Sabtu, 24 Juli 2021 - 08:57:00 WIB
Lifter Muda Indonesia Windy Cantika Siap Bikin Kejutan di Olimpiade 2020
Lifter putri Indonesia, Windy Cantika Aisyah akan bersaing ketat dengan untuk meraih medali Olimpiade 2020. Atlet berusia 19 tahun ini turun di 49 kg putri.(Foto: Instagram)

TOKYO, iNews.id- Lifter putri Indonesia, Windy Cantika Aisyah akan bersaing ketat dengan lifter dunia dalam upaya meraih medali Olimpiade Tokyo 2020. Atlet berusia 19 tahun ini akan turun di kelas 49 kg putri akan berlaga di Hall Tokyo International Forum, Sabtu (24/7/2021).

Kabid Binpres PABSI, Hadi Wihardja senang Olimpiade 2020 akhirnya terlaksana, meski berlangsung pada 2021. Dia merasa ajang ini berlangsung dengan suasana berbeda dari yang pernah dilaluinya, baik sebagai atlet maupun Manager tim Indonesia.

Meski begitu, Hadi mengatakan semua atletnya, termasuk Windy sudah berada dalam kondisi siap tempur. Dia berharap bisa mempersembahkan medali untuk Indonesia.

“Prestasi yang dicapai oleh Cantika (sapaan akrab Windy Cantika Aisyah) di tingkat junior sangat mengagumkan. Kali ini, dia akan bersaing ketat dengan lifter dunia yang usianya jauh di atasnya,” kata Hadi.

Setelah perejuangan selama dua tahun, akhirnya Windy mampu berkiprah di tournament akbar olahraga dunia dalam usia yang masih sangat belia. Dia akan ditantang lifter China, Hao Zhihui, Saikhom Mirabai Chanu (India), Jourdan Elizabeth  Delacruz (Amerika Serikat), serta lifter Nina Sterckx (Belgia).

“Ini adalah 5 besar lifter yang saya prediksi akan menepati atau berpotensi meraih medali,” kata Hadi.

Hadi sangat diharapkan tim pelatih Indonesia bekerja cermat, mengingat persaingan yang sangat ketat. Karena itu tim pelatih harus bisa memperhitungkan detail kilo by kilo setiap pergerakan angkatan lifter Amerika Serikat, India, dan Belgia pada angkatan Snatch dan angkatan lifter Amerika Serikat dan India di angkatan pada Clean Jerk.

“Untuk lifter China masih sulit terbendung, karena kemampuan selaku pemegang rekor dunia sangat percaya diri. Namun seperti biasa, saat pertandingan bisa terjadi sesuatu yang spektakuler, atau kejadian yang diluar Prediksi. Jadi kalau cantika bisa mengatasi lifter Amerika Serikat, India dan Belgia peluang mencuri medali sangat besar,” ujarnya.

Editor : Ibnu Hariyanto