Michael Jordan Kecam Rasisme dalam Kematian George Floyd

Abdul Haris ยท Senin, 01 Juni 2020 - 08:45:00 WIB
Michael Jordan Kecam Rasisme dalam Kematian George Floyd
Michael Jordan. (Foto: Guardian)

MINNEAPOLIS, iNews.id – Pebasket legendaris NBA Michael Jordan mengecam aksi rasisme dalam kematian George Floyd. Korban yang merupakan pria berkulit hitam itu tewas di tangan polisi berkulit putih di Minneapolis, Negara Bagian Minnesota, Senin (25/5/2020) lalu.

Dalam rekaman video, Floyd tak bisa bernafas setelah seorang polisi kulit putih menekankan lututnya ke leher dia, yang kemudian memicu unjuk rasa di seantero Amerika Serikat (AS).

Insiden ini juga mengundang kemarahan para atlet bola basket AS yang sebagian besar diisi warga berkulit hitam, salah satunya Jordan.

Mantan megabintang Chicago Bulls itu mengutuk tindakan rasisme dan mengucapkan duka cita mendalamnya untuk keluarga Floyd dan korban lainnya yang mati akibat tindakan rasis.

"Saya sedih sekali, luar biasa sakit dan marah sekali. Saya lihat dan merasakan kepedihan, kemarahan dan frustrasi semua orang," ucap Jordan, dikutip AFP.

"Saya mendukung orang-orang yang menyerukan rasisme dan kekerasan terhadap orang kulit berwarna di negara kita. Cukup sudah," kata pria yang kini menjadi owner klub NBA Charlotte Hornets itu.

Mantan pebasket yang merasakan enam kali juara NBA itu juga berharap semua orang menunjukkan kasih sayang dan simpati serta tidak mengalihkan perhatian dari kebrutalan yang tak berperasaan.

"Kami perlu meneruskan ungkapan rasa penuh damai melawan ketidakadilan dan menuntut pertanggungjawaban. Suara bersatu kita perlu menekan para pemimpin kita untuk mengubah hukum, atau kita yang menggunakan suara guna menciptakan perubahan yang sistemik,” tuturnya.

"Setiap orang dari kita perlu menjadi bagian dari solusi dan harus bekerja sama dalam memastikan keadilan untuk semua orang,” ujarnya.

Editor : Abdul Haris