Perebutkan Rp5,4 Miliar, Indonesia Masters 2020 Diikuti 267 Pebulutangkis

Antara ยท Senin, 13 Januari 2020 - 18:36 WIB
Perebutkan Rp5,4 Miliar, Indonesia Masters 2020 Diikuti 267 Pebulutangkis

Peserta Indonesia Masters 2020 memberikan keterangan tentang kesiapan dan target pada konferensi pers di Istora Senayan Jakarta, Senin (13/1/2020). (Foto: ANTARA/Roy Rosa Bachtiar)

JAKARTA, iNews.id –Sebanyak 267 pebulutangkis dari 23 negara akan berpartisipasi dalam turnamen BWF World Tour Super 500 bertajuk Indonesia Masters 2020 dan akan memperebutkan total hadiah sebesar 400.000 dolar Amerika Serikat atau lebih dari Rp5,4 miliar.

Pada turnamen yang akan berlangsung di Istora Senayan Jakarta, 15-19 Januari ini, turut serta sejumlah bintang bulutangkis baik dari dalam dan luar negeri. Andalan Indonesia antara lain Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, Hendra Setiawan/Mohamad Ahsan, Fitriani, Praveen Jordan/Melati Oktavianti.

Sementara kontestan dari luar negeri antara lain Anders Antonsen (Denmark), Akane Yamaguchi (Jepang), Chen Yu Fei (China), hingga Zheng Siwei/Huang Ya Qiong (China).

"Meski menghadapi lawan yang kuat, untuk turnamen ini saya rasa atlet-atlet Indonesia sudah siap berlaga. Pekang lalu mereka sudah tampil di Malaysia Masters dengan sangat baik. Semoga penampilan terbaik mereka berlanjut ke ajang ini," kata Ketua Umum PP PBSI Wiranto, Senin (13/1/2020).

Sebagai tuan rumah, Indonesia diperkirakan akan menghadapi tantangan besar yang datang dari kontingen China, yang kini tengah berjaya dan menguasai hampir semua lini.

Musim 2019, China menyabet tiga gelar ajang BWF World Tour Finals di bulan Desember. Keinginan China menguasai ajang BWF World Tour dan mengejar kualifikasi Olimpiade Tokyo juga terlihat dari keikutsertaan mereka di Indonesia Masters 2020, yang mengirim 40 atlet.

"Indonesia Masters jelas turnamen bergengsi, sekaligus jadi ajang pemanasan bagi para atlet Indonesia untuk menghadapi ajang-ajang selanjutnya di tahun ini, terutama Olimpiade 2020. Oleh karena itu, mereka harus menunjukkan permainan yang terbaik di lapangan dan meraih poin sebanyak mungkin untuk tiket ke olimpiade," kata Wiranto.

Selain untuk menambah poin kualifikasi agar lolos Olimpiade Tokyo, turnamen Grade 2 Level 4 ini juga menjadi media penting bagi pebulutangkis Tanah Air untuk memupuk poin dan peringkat di level dunia.

Editor : Abdul Haris