Persiapan SEA Games 2019, Pemerintah Gelar Piala Presiden E-Sports

Reynaldi Hermawan ยท Senin, 28 Januari 2019 - 21:04 WIB
Persiapan SEA Games 2019, Pemerintah Gelar Piala Presiden E-Sports

Acara Kick-Off Piala Presiden E-Sports di Studio 8 MNC Studios, Kebun Jeruk, Senin (28/1/2019) malam. (Foto: Reynaldi Hermawan/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Jelang SEA Games 2019 di Filipina, Pemerintah Indonesia mengadakan kompetisi Olahraga Elektronik atau E-Sports bertajuk Piala Presiden E-Sports 2019. Kejuaraan tersebut diadakan untuk menyaring atlet berbakat Tanah Air yang akan mewakili kontingen Merah Putih di pesta olahraga Asia Tenggara itu.

Piala Presiden E-Sports 2019 bakal mempertandingkan game Mobile Legends, dan akan dimulai 9 Februari mendatang. Acara ini juga dilangsungkan di delapan kota, yaitu Palembang, Denpasar, Makassar, Manado, Solo, Bekasi, Pontianak dan Suarabaya.

Pendaftaran tim peserta bisa langsung dilakukan di laman resmi IESPL.id. Tiap tim harus berisikan lima orang pemain minimal berusia 14 tahun. Selain itu, mereka juga harus memiliki satu pelatih dan juga pemain cadangan.

Target yang dicanangkan panitia adalah 4.000 tim pendaftar. Pada tahap pertama, ribuan tim dari delapan kota itu akan mengikuti babak kualifikasi. Sebanyak delapan tim terbaik di tiap-tiap kota akan melaju ke babak final yang akan dihelat di Jakarta, 30-31 Maret 2019.

Nantinya, mereka akan menghadapi 12 tim profesional yang sudah disiapkan panitia. Game Mobile Legends dipilih karena saat ini menjadi permainan daring terlaris yang digandrungi kaum milenial Indonesia.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf berharap kompetisi tersebut bisa diikuti sebaik mungkin agar bibit unggul dari tiap kota benar-benar terpilih. Apalagi, menurutnya sudah ada target yang harus dicapai oleh tim E-Sport Indonesia.

"Sebenarnya gagasan kompetisi Piala Presiden E-Sports diminta langsung Presiden (Joko Widodo) demi mempersiapkan SEA Games 2019,” ujarnya dalam acara Kick-Off Piala Presiden E-Sports di Studio 8 MNC Studios, Kebun Jeruk, Senin (28/1/2019) malam.

“Semoga ini menjadi titik bangkit kemajuan E-Sports Indonesia, Saat ini target kami bisa berjaya di Asia. Tapi di masa yang akan datang saya harapkan bisa berlanjut ke tingkat dunia. Saya sangat mendukung event ini," kata Triawan.


Editor : Haryo Jati Waseso