Petrucci Juara MotoGP Prancis, Marquez Raih Podium Perdana

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 11 Oktober 2020 - 18:59:00 WIB
Petrucci Juara MotoGP Prancis, Marquez Raih Podium Perdana
Pembalap Ducati Corse Danilo Petrucci menjuarai MotoGP Prancis di Sirkuit Bugatti Le Mans, Minggu (11/10/2020). (Foto: AFP)

LE MANS, iNews.id - Pembalap Ducati Corse Danilo Petrucci menjuarai MotoGP Prancis di Sirkuit Bugatti Le Mans, Minggu (11/10/2020). Sementara rider Repsol Honda Alex Marquez meraih podium perdananya.

Karena kondisi cuaca yang begitu cepat berubah, balapan sempat tertunda. Balapan dinyatakan berlangung dalam kondisi basah, dan para rider langsung mengganti ban.

Begitu lomba dimulai, trio Ducati Jack Miller, Andrea Dovizioso dan Petrucci memimpin. Sementara start buruk dialami para penunggang Yamaha.

Memasuki tikungan kedua, kondisi lintasan yang basah mulai memakan korban. Rider Monster Energy Yamaha Valentino Rossi tergelincir dan akhirnya harus kembali mengakhiri balapan.

Kondisi basah membuat persaingan di depan juga tak kalah sengit. Miller melebar di putaran kedua, sehingga Petrucci memimpin balapan, dan disusul oleh Dovizioso. Sementara Miller turun ke posisi ketiga.

Petrucci kemudian terus memimpin hingga putaran ke-12. Dia masih tetap berada di depan Dovizioso dan Miller. Tetapi, keadaan lintasan yang mulai mongering membuat pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins terus mendekat.

Baru pada putaran ke-13 Rins membuat pergerakan. Dia berhasil menyalip Miller dan merebut posisi ketiga. Namun, Rins tak bisa menjaga posisinya, karena melebar dan kembali disalip Miller.

Sementara itu, sang pemuncak klasemen Fabio Quartararo mengalami nasib buruk. Dia terpeleset pada putaran ke-17. Dia bisa melanjutkan balapan. Tetapi dia tercecer ke posisi ke-11.

Memasuki 10 putaran terakhir, perebutan posisi terdepan semakin sengit. Dovizioso berusaha menyalip Petrucci. Tetapi, upayanya kurang rapih, sehingga malah disalip Miller dan Rins.

Petakan bagi Miller, dia mengalami masalah pada mesinnya pada putaran ke-19. Rins yang berada di posisi kedua kemudian membuat kesalahan dan terpeleset tak lama kemudian. Dovizioso pun naik ke peringkat kedua, disusul Marquez.

Marquez kemudian terus memberikan tekanan kepada Dovizioso. Setelah terus menempel selama beberapa putaran, rider asal Spanyol itu sukses menyalip Dovizioso pada putaran ke-24. Dovizioso terus kehilangan momentum, dan disalip Pol Espargaro dan Miguel Oliviera di putaran berikutnya.

Dengan seluruh kejadian di belakangnya, Petrucci berhasil mempertahankan keunggulan dan meraih kemenangan. Sementara Marquez merebut podium perdananya di MotoGP dengan posisi kedua.

Editor : Abdul Haris