Piala Thomas dan Uber Resmi Ditunda Agustus Mendatang

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Sabtu, 21 Maret 2020 - 05:45:00 WIB
Piala Thomas dan Uber Resmi Ditunda Agustus Mendatang
Piala Thomas dan Uber 2020 resmi ditunda sampai Agustus mendatang. (Foto: m88fc.com)

KUALA LUMPUR, iNews.id – Turnamen bergengsi Piala Thomas dan Uber 2020 resmi ditunda akibat virus korona (COVID-19). Ajang bulutangkis antartim putra dan putri itu kini dijadwalkan digelar pada 15-23 Agustus mendatang.

Seharusnya Piala Thomas dan Uber digelar pada 16-24 Mei mendatang di Ceres Arena, Aarhus, Denmark. Lokasi penyelenggaraan tak berubah, namun Presiden Federsi Bulutangkis Dunia (BWF) Thomas Lund menilai masih sulit untuk menggelar turnamen sesuai jadwal.

Keadaan itu pun membuat BWF terpaksa harus menunda Piala Thomas dan Uber ke tanggal lain. Dia tidak mau mengambil risiko mengenai kesehatan pada peserta nantinya.

“Segala hal menyangkut kesehatan, keamanan dan risiko digital telah dipertimbangkan oleh BWF, Federasi Bulutangkis Denmark, dan pemerintahan Aarhus telah mencapai keputusan. Kesehatan dan keamanan semua atlet beserta staf menjadi prioritas utama,” kata Lund di laman resmi BWF.

Lund juga menganggap logistik menjadi persoalan. Pasalnya, ada beberapa kebutuhan pertandingan yang harus didatangkan dari luar Denmark. Belum lagi sejumlah negara memberlakukan perbatasan bepergian.

“Pembatasan bepergian serta karantina membuat faktor logistik mengakibatkan penundaan ini. Meski tak sabar untuk menggelar turnamen, kami lebih mengutamakan semua yang terkait dengan pandemi ini,” ujarnya.

Setelah All England 2020 lalu, pihak BWF memang sudah menunda sejumlah turnamen. Kejuaraan yang ditunda adalah Swiss Open, India Open, Malaysia Open, dan Singapore Open yang sejatinya berlangsung dari 17 Maret hingga 12 April 2020.

Selain itu, BWF juga dipastikan menunda seluruh turnamen pada bulan April antara lain Croatian International, Peru International. Kejuaraan Eropa, Kejuaraan Asia dan Kejuaraan Pan Am.

Editor : Abdul Haris