Profil Biodata Legenda Bulutangkis Rudy Hartono, Pemegang Rekor Juara All England yang Belum Terpecahkan

Rilo Pambudi ยท Senin, 23 Mei 2022 - 09:47:00 WIB
Profil Biodata Legenda Bulutangkis Rudy Hartono, Pemegang Rekor Juara All England yang Belum Terpecahkan
Profil Rudy Hartono. (Foto: Twitter/@YonexAllEngland)

JAKARTA, iNews.id - Profil biodata legenda bulutangkis Rudy Hartono menarik untuk diulas. Rudy Hartono adalah maestro badminton terbesar sepanjang masa yang mengantongi gelar juara All England terbanyak sepanjang masa, yakni 8 kali juara. 

Rekor tunggal putra tersebut sampai saat ini masih sulit terpecahkan oleh pebulutangkis manapun. Oleh sebab itu, nama Rudy Hartono menjadi salah satu pemain paling terkenal dalam sejarah olahraga dan membuat harum reputasi Indonesia di dunia bulu tangkis.

Rudy Hartono lahir dengan nama kecil Nio Hap Liang di Surabaya, pada tanggal 18 Agustus 1949. Ia merupakan anak ketiga dari delapan bersaudara. 

Salah satu adiknya adalah Utami Dewi, juara nasional 5 kali dan mantan anggota tim Piala Uber Indonesia. Hartono muda mulanya menggeluti banyak jenis olahraga  atletik, bola voli, sepak bola, bahkan sepatu roda. Namun jalan atletiknya segera membawanya ke bulu tangkis. Rudy memiliki istri bernama Jane Anwar yang menikah tahun 1976 dan dikaruniai dua anak.

Dilansir iNews.id dari berbagai sumber, Sabtu (5/14/2022), berikut ini adalah profil dan biodata Rudy Hartono beserta prestasi yang pernah diukirnya di dunia bulutangkis.

Profil Biodata Legenda Bulutangkis Rudy Hartono:

Nama Lengkap: Rudy Hartono Kurniawan

Nama Panggilan : Wonder Boy 

Tempat, tanggal lahir : Surabaya, 18 Agustus 1949 

Agama : Kristen Protestan

Ayah : Zulkarnain Kurniawan

Menikah: 28 Agustus 1976

Istri: Jane Anwar

Anak-anak: Christopher dan Christine Hartini Hartono Kurniawan

Pegangan Raket: Tangan Kanan 

Pendidikan: 

- Sarjana, Fakultas Ekonomi Trisakti, Jakarta

Perjalanan Karier Rudy Hartono

Namanya sulit dilupakan dunia setelah 7 dari 8 gelar juara All England ia raih secara berturut-turut dari tahun 1968 - 1974. rekor juara tersebut hingga kini masih sulit dipecahkan oleh pemain manapun. 

Selain All England beberapa turnamen dunia lain yang tak kalah bergengsi juga pernah dimenangkannya. Antara lain adalah 4 gelar juara Piala Thomas, Jepang Open, Asian games, dan juara dunia pada 1980.

Namun, semua pencapaian tersebut rupanya bermula dari bakat emasnya yang dilirik sang ayah. Rudy Hartono mulai menunjukkan bakat bermain bulu tangkis pada usia 9 tahun. 

Ayahnya barus sadar bakat terpendam sang anak ketika Rudy berusia 11 tahun. Sebelumnya, Rudy hanya berlatih di aspal jalan raya di depan kantor PLN di Surabaya yang dulunya bernama Jalan Gemblongan.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: