Profil Tan Boon Boon Heong, Pemegang Rekor Smash Tercepat di Dunia

Ami Heppy S ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 13:10:00 WIB
Profil Tan Boon Boon Heong, Pemegang Rekor Smash Tercepat di Dunia
Tan Boon Boon Heong, Pemegang Rekor Smash Tercepat di Dunia (Foto: PB DJarum)

JAKARTA, iNews.id - Inilah profil Tan Boon Heong, pemegang rekor smash tercepat di dunia. Tan Boon Heong merupakan atlet bulutangkis Malaysia yang kerap dijuluki si raja smash.
 
Pada Japan Open 2009 lalu, mantan ganda putra Malaysia ini bahkan pernah tercatat dalam Guinness Book of World Records setelah melepaskan smash dengan kecepatan mencapai 421 km/jam.

Sayangnya, catatan ini hanya direkam oleh Yonex yang merupakan perusahaan peralatan olahraga asal Jepang, menurut Badminton Doubles. 
Tiga tahun kemudian, Tan Boon Heong kembali mencatatkan rekor smash tercepat pada acara uji coba raket Yonex. Dimana kala itu Tan melakukan smash dengan kecepatan hingga 493 km/jam.

Berikut iNews.id telah merangkum profil Tan Boon Heong, pemegang rekor smash tercepat di dunia.

Tan Boon Boon Heong, Pemegang Rekor Smash Tercepat di Dunia

Mantan atlet bulutangkis asal Malaysia, Tan Boon Heong sangat dikenal publik karena kemampuan smash berkecepatan tinggi yang dimilikinya.
Sebelum memutuskan pensiun pada 2015 lalu, Tan Boon Heong dikenal sebagai ganda putra dengan kekuatan tangan kiri paling mematikan di Asia.

Di level junior, pria kelahiran Alor Setar, 18 September 1987 silam ini pernah dipasangkan dengan Hoon Thien How dan berhasil memenangkan Kejuaran Dunia pada 2004. Selain itu, pasangan ganda putra ini juga meraih medali perak pada Kejuaraan Bulu Tangkis Asia tahun 2006.

Nama Tan Boon Heong semakin mendapat perhatian setelah bertanding di Asian Games Doha 2006, dimana saat itu ia dipasangkan dengan Koo Kien Keat.

Pada gelaran tersebut, Tan dan Koo berhasil meraih medali emas Asian Games. Keberhasilan Membawa pulang medali emas kala itu menjadikan pasangan ganda putra Malaysia ini dinobatkan sebagai ganda muda termuda yang berhasil meraih prestasi ini.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda