MotoGP

Punya Proyek Baru, Valentino Rossi Tolak Kontrak 2 Musim di Petronas SRT Yamaha

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 22 September 2020 - 12:55 WIB
Punya Proyek Baru, Valentino Rossi Tolak Kontrak 2 Musim di Petronas SRT Yamaha

Valentino Rossi (Foto: Twitter @ValeYellow46)

TAVULIA, iNews.idValentino Rossi akan segera mengumumkan masa depannya bersama tim Petronas SRT Yamaha. Namun, kabarnya dia menolak kontrak jangka panjang dan hanya mau menadatangani masa kerja berdurasi satu tahun saja.

Musim ini memang menjadi tahun terakhir Rossi bersama Monster Energy Yamaha. Dia bakal digantikan oleh Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha, sementara Rossi merapat ke tim asal Malaysia tersebut.

Seperti dikabarkan GPOne, Selasa (22/9/2020), Rossi menolak tawaran untuk membela Petronas Yamaha selama dua musim. Dia hanya ingin membela mereka untuk 2021 saja, sebelum memulai proyek baru.

Pembalap asal Italia itu kabarnya bakal melebarkan sayap timnya, Sky VR46, ke kelas MotoGP pada 2022. Sebelumnya, tim itu sudah bersaing di kelas Moto2 dan Moto3.

Hal itu menyusul kontrak seluruh tim dengan Dorna Sports akan berakhir di penghujung 2021. Nantinya, tim anyar Rossi itu akan menggantikan posisi skuat Avintia Racing yang kini menggunakan motor Ducati.

Meski begitu, tim milik Rossi kemungkinan besar tidak akan menggunakan Ducati. Pembalap berusia 41 tahun itu memang menegaskan bakal setia bersama Yamaha. Tetapi, Sky VR46 di kelas MotoGP nantinya bakal mengandalkan motor Suzuki.

Dengan masuknya tim VR46 di MotoGP pada 2022, maka Rossi bisa lebih fleksibel dalam menentukan masa depannya. Antara pensiun di akhir 2021, atau membalap untuk timnya sendiri pada 2022.

Pembalap yang identik dengan nomor 46 itu tengah berdiskusi dengan tim Avintia Racing. Dia berencana untuk memasukkan adik tirinya, Luca Marini, ke tim tersebut pada 2021.

Editor : Abdul Haris