SEA Games 2019

Raih 2 Emas usai Dapat Kabar Duka, Ketegaran Edgar Xavier Tuai Pujian

Abdul Haris ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 21:30 WIB
Raih 2 Emas usai Dapat Kabar Duka, Ketegaran Edgar Xavier Tuai Pujian

Atlet wushu Indonesia Edgar Cavier Marvelo (tengah) berfoto bersama CdM Kontingen Indonesia Harry Warganegara (kiri) dan Presiden NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari di Hall A World Trade Centre Manila, Filipina, Selasa (3/12/2019). (Foto: IST)

MANILA, iNews.id – Tentu tak mudah berlomba di tengah duka. Itulah yang dialami atlet wushu Indonesia Edgar Cavier Marvelo pada SEA Games 2019. Jelang melakoni nomor Taulo di Hall A World Trade Centre Manila, Filipina, Selasa (3/12/2019), dia menerima kabar duka meninggalnya ayahanda tercinta.

Ayah Edgar, Lo Thiang Meng (Ameng) meninggal dunia, Selasa pukul 01:00 WIB. Jenazahnya disemayamkan di rumah duka Gramd Heven Pluit Room 812, Jakarta Utara.

Namun, pemuda 20 tahun itu tetap mampu tegar dan bertanding dengan konsentrasi tinggi. Hasilnya, dia meraih dua emas saat bermain individu di nomor daoshu/gunshu, serta duilian bersama Harris Horatius, dan Seraf Naro Siregar.

Sontak, pujian pun datang untuk Edgar. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengapresiasi perjuangannya di tengah suasana duka.

"Luar biasa perjuangan yang ditunjukkan Edgar Xavier Marvelo. Dia begitu tegar dan mampu menunjukkan penampilan terbaik pada saat dalam keadaan berduka,” kata Menpora Zainudin Amali.

“Dan, saya mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya ayahanda Edgar Xavier Marvelo,’ tutur Menpora.

Bukan hanya Menpora, Presiden National Olympic Committee Indonesia, Raja Sapta Oktohari juga memuji ketegaran Edgar.

“Ibarat prajurit yang tidak boleh meninggalkan medan tempur. Edgar itu sebagai ksatria sejati. Di tengah duka yang mendalam, dia bisa melaksanakan tugas dengan baik untuk mengibarkan Merah Putih di ajang SEA Games Filipina 2019," ucap Okto.

Perasaan bangga juga dilontarkan Sekjen PB WI, Ngatino yang terus mendampingi Edgar Xavier Marvelo dan kawan-kawan.

“PB WI bangga atas perjuangan yang telah ditunjukkan Edgar Xavier Marvelo. Luar biasa memang ketegaran Edgar yang kehilangan orang tua saat menghadapi pertandingan," pujinya. .

Rencananya, Edgar akan kembali ke Indonesia, Rabu (4/12/2019) pagi. “Hari ini tidak ada penerbangan karena ada badai yang melanda Filipina. Mudah-mudahan Edgar bisa berangkat besok pagi,” ujar Ngatino.


Editor : Abdul Haris