Resmi, IBL 2020 Dihentikan Sementara akibat Virus Korona

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 13 Maret 2020 - 16:10:00 WIB
Resmi, IBL 2020 Dihentikan Sementara akibat Virus Korona
Sisa seri Indonesian Basketball League (IBL) 2020 resmi dihentikan sementara karena virus korona. (Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah)

MALANG, iNews.idVirus korona kembali menghambat agenda olahraga di Indonesia. Teranyar, virus yang berasal dari Wuhan, China, itu bikin sisa seri Indonesian Basketball League (IBL) 2020 dihentikan sementara.

Saat ini liga bola basket kasta tertinggi di Indonesia itu sudah memasuki seri ketujuh yang sejatinya digelar di GOR Bima Sakti Malang pada 13-15 Maret. Namun virus korona yang terus merisaukan warga Tanah Air membuat petinggi IBL ogah melanjutkan kejuaraan.

Mereka mengkhawatirkan kesehatan para pemain, staf kepelatihan, ofisial tim dan juga  penggemar mengingat seri IBL yang terus berpindah-pindah kota dan melibatkan banyak orang.

“Situasinya tidak memungkinkan untuk melanjutkan kompetisi. kami harus utamakan keselamatan, termasuk kesehatan baik fisik maupun mental pemain dan klub-klub IBL,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, Jumat (13/3/2020) di Malang.

Junas juga menambahkan pihaknya sudah berdiskusi dengan PP Perbasi terkait rencana penangguhan tersebut. Tak lupa, pihak IBL juga akan memberikan kembali tiket yang sudah dibeli para penggemar tanpa adanya potongan.

“Kami juga merespons apa yang sudah dirilis oleh pemerintah dan pihak terkait lainnya. Tak ada pilihan selain menangguhkan kompetisi,” ujarnya.

Wabah virus korona sebelumnya juga mengganggu aktivitas Liga 1 2020. Laga Persija Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang seharusnya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, (7/3/2020) terpaksa ditunda.

Kini virus yang punya nama lain Covid-19 itu sudah ditangani serius sampai ke ranah Kementerian Pemuda dan Olahraga. Menpora Zainudin Amali, Jumat (13/3/2020) sore ini akan menggelar rapat darurat dengan petinggi organisasi tiap cabang olahraga untuk membahas nasib kompetisi.

Editor : Abdul Haris